Selasa, 24 Mei 2016 Waktu: 16:52

    Dunia

    • Ahli fisika asal Inggris Peter Higgs, yang pertama kali menyusun teori tentang keberadaan partikel boson 40 tahun lalu, menghadiri seminar ilmiah dekat Jenewa menyusul penemuan partikel subatom yang disebut 'Partikel Tuhan' itu pada 4 Juli 2012.
    • Para peneliti, yang bekerja dengan penghancur atom seharga US$5,5 miliar pada laboratorium fisika partikel di lembaga nuklir CERN di Jenewa,  mengamati partikel Higgs Boson, yang memegang kunci untuk menjelaskan bagaimana partikel-partikel dasar lainnya memiliki massa. (CERN/Maximilien Brice dan Claudia Marce)
    • Sebuah teknik baru yang mengikat molekul-molekul dengan untaian DNA memungkinkan para peneliti untuk mengurutkan penyusunan secara komplet gen Denisovan yang terkait makhluk purba Neanderthal dari potongan kecil tulang purba. (Max Planck/Institute for Evolutionary Anthropology)
    • Para peneliti Jepang menunjukkan bahwa sel induk embrionik dari tikus dapat 'dibujuk' untuk menjadi sel-sel telur yang dapat bertahan. (Katsuhiko Hayashi)
    • Meski gagal menguji sistem pendaratan keseluruhan kendaraan penjelajah pada kondisi-kondisi di Mars, para insinyur di Laboratorium Propulsi Jet di NASA secara aman dan akurat meletakkan kendaraan penjelajah Curiosity di Mars. (NASA/JPL-Caltech)
    • Sekelompok ahli fisika dan kimia di Belanda menemukan bukti kuat pertama dari keberadaan partikel-partikel yang bertindak sebagai antimateri dan memusnahkan dirinya sendiri. (Mourik, K. Zuo, S. M. Frolov, S. R. Plissard, E. P. A. M. Bakkers, L. P. Kouwenhoven)
    • Sebuah alat ilmiah baru memberikan para peneliti kemampuan untuk mengaktivasi atau mengubah gen-gen tertentu pada ikan Zebra, kodok, ternak dan binatang lain, bahkan sel-sel dari orang yang memiliki penyakit. (Science/AAAS)
    • Para peneliti menggunakan laser yang bersinar miliaran kali lebih terang daripada sinar-X yang konvensional untuk menentukan struktur enzim yang diperlukan oleh parasit yang menyebabkan penyakit tidur di Afrika. (Michael Duszenko, University of Tübingen)
    • Sebuah proyek yang berjalan satu dekade menemukan bahwa susunan gen manusia lebih "fungsional" dibandingkan yang selama ini diyakini dan mungkin dapat membantu menjelaskan faktor-faktor risiko genetik untuk penyakit di masa depan. (Sciece/AAAS)
    • Tim peneliti yang sama menunjukkan bahwa pikiran dapat digunakan untuk menggerakkan kursor di layar komputer, yang diperlihatkan saat pasien manusia yang lumpuh dapat menggerakkan tangan mekanik dan melakukan gerakan-gerakan yang kompleks dalam tiga dimensi. (Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory)
    • Ratusan peneliti di Tiongkok menggambarkan bagaimana partikel-partikel yang sulit dipahami yang disebut neutrinos, dihasilkan dalam tungku nuklir matahari, berubah saat mereka menuju Bumi dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. (NASA/SDO/GSFC)

    Terobosan Sains 2012

    Terbitan 27.12.2012

    Tahun 2012 merupakan periode yang menggairahkan untuk bidang ilmu pengetahuan dengan banyaknya terobosan. Berikut daftar 10 besar terobosan sains 2012 yang disusun para editor jurnal 'Science', atas nama Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Sains (AAAS).


    Lihat Juga

    Paus Fransiskus Bertemu Ulama Mesir, Akhiri Kebekuan Hubungan

    Lembaga Al-Azhar yang berpengaruh memutuskan kontak dengan Vatikan tahun 2011 karena pendahulu Fransiskus, Paus Benediktus, dianggap menghina Islam berulang kali. Selengkapnya

    Presiden Tandatangani Revisi Daftar Investasi Negatif

    Februari lalu, pemerintah mengatakan perubahan-perubahan termasuk pelonggaran banyak batasan, dari restoran sampai pertanian, transportasi dan bioskop. Selengkapnya

    Pemimpin 4 Negara Bahas Konflik Ukraina

    Pemimpin Rusia, Perancis, Jerman dan Ukraina menekankan perlunya mematuhi gencatan senjata dan memperkuat wewenang misi pemantauan oleh Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE). Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Urutan Komentar
    Komentar-komentar
         
    oleh: Nando Markus dari: Palembang
    13.01.2013 08:02
    perkembangan sains yang begitu pesat dan berkembang, apakah indonesia dapat ikut serta untuk terlibat didalamnya... semoga indonesia juga dapat mengehadirkan inovator-inovator yang kreatif di masa depan nantinya.


    oleh: yudhigurem dari: jember
    31.12.2012 21:14
    hmmm berita yang menarik dan berbobot