Kamis, 27 Nopember 2014 Waktu UTC: 05:23


Fakta Wabah Ebola

Ikuti Kami

Galeri Foto

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
  • Kota Chicago di AS di waktu malam. Rata-rata dalam setahun Amerika menggunakan 120 terawatt-jam energi, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik kota New York selama dua tahun. 
  • Banyak pencahayaan di dunia membuang-buang energi karena secara langsung bersinar ke arah antariksa seperti terlihat dalam gambar satelit gabungan. (NASA)
  • Cahaya yang menyilaukan dari pencahayaan luar ruangan yang buruk menurunkan penglihatan dengan mengurangi kontras. (Jim Richardson)
  • Lampu-lampu yang menghiasi gedung di Washington, DC, mengirim cahaya ke angkasa. (Jim Dougherty, International Dark Sky Association)
  • Cahaya terlindung yang diarahkan ke bawah meningkatkan jarak pandang Gedung Capitol di AS pada waktu malam. (Jim Dougherty, International Dark Sky Association)
  • Pom bensin dengan cahaya berlebihan ke semua arah. (Pete Strasser, International Dark Sky Association)
  • Dengan penambahan aksesroris, pencahayaan di pom bensin diarahkan ke bawah, menghasilkan cukup cahaya untuk melihat. (Pete Strasser, International Dark Sky Association)
  • Silau cahaya dari lampu yang terlalu terang menciptakan bayangan tempat penjahat dapat bersembunyi. (George Fleenor)
  • Seorang penyusup terlihat ketika cahaya dikurangi. (George Fleenor)
  • Lampu LED mengarahkan cahaya ke tempat yang diperlukan. (Jim Dougherty, International Dark Sky Association)
  • Beberapa langit yang masih gelap di dunia ada di padang pasir Atacama di Chile. (ESO/Babtafreshi)
  • Van Gogh melukis karyanya yang legendaris "Starry Night" di Saint Remy, Perancis pada 1889. Sekarang Galaksi Bima Sakti tidak lagi dapat dilihat dari tempat ini. 

Bahaya Pencahayaan Berlebihan

Pencahayaan berlebihan ternyata tidak aman dan buruk untuk kesehatan -- mengganggu pola tidur, mempengaruhi hormon dan terkait dengan beberapa kanker -- serta mengganggu ekosistem, mengganggu siklus pertumbuhan tanaman dan berperan dalam perubahan iklim.

Multimedia Lainnya

Tampilkan Lainnya

Indonesia

Menko bidang Perekonomian, Sofyan Djalil. (VOA/Iris Gera)

Sofyan Djalil: Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Putus Mata Rantai Pemain Migas

Menteri Koordinator bidang Perekonomian tersebut mengatakan penetapan harga BBM bersubsidi yang terlampau rendah membuat harga minyak mudah dipermainkan. Selengkapnya

Baca Juga

Dunia

Kepala Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao.

ADB Siap Bekerja dengan Bank Baru yang Dipimpin China

Kepala ADB mengatakan "dapat dipahami" jika negara-negara Asia ingin lembaga semacam itu karena kebutuhan wilayah yang sangat besar atas pembiayaan infrastruktur. Selengkapnya

Baca Juga

Amerika Serikat

Keputusan dewan juri membebaskan polisi kulit putih dari dakwaan telah menyulut kerusuhan dan penjarahan di Ferguson, Missouri, AS (25/11).

Insiden di Ferguson Picu Isu Ketegangan Rasial di AS

Rakyat Amerika terpecah dalam menyikapi keputusan juri agung untuk tidak menuntut seorang polisi kulit putih yang menembak mati seorang remaja kulit hitam tidak bersenjata di pinggiran kota St. Louis – Missouri. Selengkapnya

Baca Juga

Olahraga

Maskot untuk Olimpiade Rio 2016 (kiri) dan Olimpiade Paralimpik dalam peluncuran perdana di sekolah negeri Santa Teresa di Rio de Janeiro, Brazil (24/11). (AP/Felipe Dana)

Kucing Kuning Jadi Maskot Olimpiade Rio 2016

Maskot kucing mewakili kehidupan satwa di Brazil, sementara maskot untuk Paralimpik yaitu boneka berambut daun, mewakili keberagaman flora yang luas di Brazil. Selengkapnya

Baca Juga

Gaya Hidup

Seorang pria pengidap obesitas di Jackson, Mississippi, AS. Amerika Utara mencakup jumlah terbesar penderita baru penyakit yang berhubungan dengan obesitas - 110 ribu orang.

Studi: Obesitas Dapat Picu Kanker

Indeks massa tubuh yang lebih tinggi – perbandingan atau rasio lemak tubuh seseorang dengan tinggi badan – meningkatkan risiko kanker seperti usus besar, ginjal, pankreas dan payudara. Selengkapnya

Baca Juga

Iptek

Seorang analis Jerman memeriksa aplikasi 'spyware.'

Jual Aplikasi Penyadap Komunikasi, Pria Denmark Didenda $500 Ribu

Hammad Akbar mengaku bersalah memasarkan “StealthGenie.” Kasus itu merupakan penghukuman pidana pertama yang menyangkut iklan dan penjualan aplikasi semacam itu pada ponsel. Selengkapnya

Baca Juga

Video Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Kiat Jaringan Toko di AS Merayu Konsumeni
X
Patsy Widakuswara
26.11.2014
Hari Thanksgiving yang jatuh pada pada Kamis terakhir bulan November di AS menandai datangnya awal musim belanja akhir tahun. Karena itu berbagai jaringan pertokoan berlomba mendandani etalase mereka semenarik mungkin guna merayu konsumen agar lebih banyak berbelanja.
Video

Video Kiat Jaringan Toko di AS Merayu Konsumen

Hari Thanksgiving yang jatuh pada pada Kamis terakhir bulan November di AS menandai datangnya awal musim belanja akhir tahun. Karena itu berbagai jaringan pertokoan berlomba mendandani etalase mereka semenarik mungkin guna merayu konsumen agar lebih banyak berbelanja.
Video

Video Kilas VOA 27 November 2014

OPEC membahas kuota produksi di tengah turunnya harga minyak dunia. Penyeberangan Rafah kembali dibuka antara Gaza dan Mesir. Puluhan juta warga AS mudik Thanksgiving. Tradisi pengampunan kalkun Thanksgiving oleh Presiden A.S.
Video

Video Beasiswa untuk Pemain Video Game - VOA untuk Dunia Tekno

Perguruan tinggi di Amerika sudah lazim memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga. Belakangan prestasi olah raga itu ternyata juga diperluas ke olah raga virtual alias e-Sports alias permainan video game. Selengkapnya dilaporkan tim VOA dari Washington, D.C.
Video

Video Warga AS Syukuri Rendahnya Harga BBM

Sementara harga BBM di Indonesia naik, di Amerika Serikat harga BBM justru turun ke level terendah selama hamper lima tahun terakhir. Apa saja penyebab turunnya harga BBM tersebut? Ikuti laporan reporter VOA Patsy Widakuswara dari Washington.
Video

Video Remaja Amerika Ikuti Lomba Film Anti Bullying

Perisakan atau Bullying merupakan masalah di kalangan anak dan remaja seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat. Guru dan pendidik berusaha melakukan berbagai pendekatan untuk memberantasnya. Salah satunya adalah melalui lomba film anti bullying. Selengkapnya simak laporan Patsy Widakuswara.
Lihat Sebelumnya
 Aktivitas di Facebook