Selasa, 16 September 2014 Waktu UTC: 11:26

Berita / AS / Pemilu AS

Live Blog: Malam Penghitungan Suara Pilpres AS

Malam puncak pemilu AS telah tiba. Reporter VOA Ade Astuti melaporkan dari markas kubu Presiden Obama di Chicago dan Retno Lestari dari markas Mitt Romney di Boston.

06.11.2012

Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).
Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).

Urutan posting:
Teruskan:
This is the blog post from Chicago
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Teruskan:
Presiden Obama tampil menyampaikan pidatonya lewat dari tengah malam waktu setempat. Para pendukung dan relawannya menyambut dengan seruan "four more years, four more years." Tampil bersama ibu negara Michelle Obama, dan kedua putrinya, Sasha dan Malia, Obama pertama-tama mengucapkan terima kasihnya kepada warga Amerika atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk memimpin selama empat tahun lagi. "The best is yet to come," demikian ucap Obama, sekali lagi menekankan bahwa perubahan yang ia janjikan masih akan memakan waktu agar bisa terwujud.

Kegembiraan terpancar dari para pendukung yang berada di markas Obama untuk malam ini di Chicago. Tapi bila dibandingkan dengan empat tahun lalu, atmosfirnya jauh berbeda. Pada pemilu 2008, sekitar 200.000 warga berkumpul di Grant Park dan dengan gegap gempita menyambut kemenangan Presiden Obama sebagai presiden Amerika pertama yang adalah keturunan Afrika. Tahun ini, jumlah yang berkumpul di dalam gedung McCormick Place jauh lebih sedikit. Walaupun begitu, tak pelak lagi mood perayaan tetap terasa di tempat ini.

Teruskan:

Empat tahun lalu saya berada di Chicago ini untuk melaporkan terpilihnya Obama sebagai presiden Amerika ke-44 dan kini sejarah kembali berulang bagi Obama.

Obama menang di negara-negara bagian kunci yang diperebutkan secara sengit, yaitu Ohio, Wisconsin, Iowa dan Pennsylvania. Di luar itu, tidak ada kejutan, dengan Romney memenangkan negara-negara bagian basis partai Republik dan Obama sebaliknya.

Adapun hasil final perolehan suara masih harus ditunggu, karena TPS di negara bagian Alaska misalnya, masih hingga sekarang masih dibuka.

Sekarang para pendukungnya di sini menunggu kemunculan the man of the hour Presiden Obama utk tampil memberikan pidatonya. Namun bagaimanapun jalan ke depan bagi Obama tidak mudah. Banyak permasalahan penting yang harus ia hadapi segera, seperti masalah perekonomian, lapangan kerja, jurang fiskal dsb. Ini terutama tidak mudah dengan lembaga legislatif didominasi oleh partai lawan, partai Republik.
 
 
 
 
 
 
 
 

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Lukisan Grafiti Untuk Memperindah Kotai
X
Helmi Johannes
15.09.2014
Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang dicorat coret oleh remaja. Simak program inovatif untuk menyalurkan bakat remaja untuk ikut memperindah wajah kota dalam Laporan VOA berikut ini.
Video

Video Lukisan Grafiti Untuk Memperindah Kota

Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang dicorat coret oleh remaja. Simak program inovatif untuk menyalurkan bakat remaja untuk ikut memperindah wajah kota dalam Laporan VOA berikut ini.
Video

Video Kilas VOA 16 September 2014

Pertemuan menlu di Paris sepakat mendukung Irak melawan ISIS. Kapal pengangkut imigran tenggelam dalam perjalanan ke Italia. Badai Odile melanda kawasan wisata Baja California, Meksiko. Lomba berewok dan kumis unik di Bath, Inggris.
Galeri Foto

Galeri Foto Para Diplomat Dunia Janjikan Dukungan Melawan ISIS

Sekitar 30 negara telah menjanjikan dukungan mereka untuk Irak dalam upaya memerangi militan negara Islam (ISIS) dengan berbagai hal, termasuk diantaranya bantuan militer.
Video

Video Politik Trasaksional Dalam Pembentukan Kabinet

Jika penunjukkan kabinet di tanah air ramai diwarnai wacana politik transaksional, perampingan kabinet dan fasilitas menteri, bagaimana di AS? Ikuti penjelasan teman2 VOA, Patsy Widakuswara dan Supri Yono dari Washington DC dalam "Apa Kabar Amerika" berikut ini.
 Aktivitas di Facebook