Senin, 22 Desember 2014 Waktu: 08:20

Berita / AS / Pemilu AS

Live Blog: Malam Penghitungan Suara Pilpres AS

Malam puncak pemilu AS telah tiba. Reporter VOA Ade Astuti melaporkan dari markas kubu Presiden Obama di Chicago dan Retno Lestari dari markas Mitt Romney di Boston.

07.11.2012

Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).
Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).

Urutan posting:
Teruskan:
This is the blog post from Chicago
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Teruskan:
Presiden Obama tampil menyampaikan pidatonya lewat dari tengah malam waktu setempat. Para pendukung dan relawannya menyambut dengan seruan "four more years, four more years." Tampil bersama ibu negara Michelle Obama, dan kedua putrinya, Sasha dan Malia, Obama pertama-tama mengucapkan terima kasihnya kepada warga Amerika atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk memimpin selama empat tahun lagi. "The best is yet to come," demikian ucap Obama, sekali lagi menekankan bahwa perubahan yang ia janjikan masih akan memakan waktu agar bisa terwujud.

Kegembiraan terpancar dari para pendukung yang berada di markas Obama untuk malam ini di Chicago. Tapi bila dibandingkan dengan empat tahun lalu, atmosfirnya jauh berbeda. Pada pemilu 2008, sekitar 200.000 warga berkumpul di Grant Park dan dengan gegap gempita menyambut kemenangan Presiden Obama sebagai presiden Amerika pertama yang adalah keturunan Afrika. Tahun ini, jumlah yang berkumpul di dalam gedung McCormick Place jauh lebih sedikit. Walaupun begitu, tak pelak lagi mood perayaan tetap terasa di tempat ini.

Teruskan:

Empat tahun lalu saya berada di Chicago ini untuk melaporkan terpilihnya Obama sebagai presiden Amerika ke-44 dan kini sejarah kembali berulang bagi Obama.

Obama menang di negara-negara bagian kunci yang diperebutkan secara sengit, yaitu Ohio, Wisconsin, Iowa dan Pennsylvania. Di luar itu, tidak ada kejutan, dengan Romney memenangkan negara-negara bagian basis partai Republik dan Obama sebaliknya.

Adapun hasil final perolehan suara masih harus ditunggu, karena TPS di negara bagian Alaska misalnya, masih hingga sekarang masih dibuka.

Sekarang para pendukungnya di sini menunggu kemunculan the man of the hour Presiden Obama utk tampil memberikan pidatonya. Namun bagaimanapun jalan ke depan bagi Obama tidak mudah. Banyak permasalahan penting yang harus ia hadapi segera, seperti masalah perekonomian, lapangan kerja, jurang fiskal dsb. Ini terutama tidak mudah dengan lembaga legislatif didominasi oleh partai lawan, partai Republik.
 
 
 
 
 
 
 
 

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...  
🔇
X
  • Dua kapal nelayan berbendera asing yang terdaftar di Papua Nugini diledakkan oleh Angkatan Laut Indonesia setelah ditangkap sebelumnya karena menangkap ikan tanpa ijin di perairan Ambon, Maluku.
  • Petugas polisi meninggalkan lilin di tempat peringatan dadakan dekat lokasi tempat dua polisi New York ditembak di Brooklyn, New York. Polisi mengatakan Ismaaiyl Brinsley menyergap polisi Rafael Ramos dan Wenjian Liu di mobil patroli mereka di siang hari bolong pada hari Sabtu, 20 Desember 2014, menembak mereka sampai tewas sebelum membunuh dirinya sendiri di dalam stasiun kereta bawah tanah.
  • Sekitar 1.600 panda kertas diletakkan di Lapangan Kemerdekaan di Kuala Lumpur, Malaysia, sebagai bagian dari rangkaian perjalanan mereka di kota tersebut.
  • Seorang penduduk asli Aymara membawa hewan peliharaannya ke kontes kostum Natal untuk anjing di El Alto, Bolivia, 20 Desember 2014.
  • Seorang penonton konser mengenakan dekorasi berbentuk kue menunggu di luar Tokyo Dome sebelum konser grup pop Jepang di Tokyo.
  • Seorang pria membawa kota senjata yang ditinggalkan oleh pasukan yang setia pada Presiden Suriah Bashar al-Assad di tempat pemeriksaan Azaalana di pedesaan Idlib selatan, 20 Desember 2014.
  • Paus Fransiskus menyapa anak-anak dalam sebuah pertemuan dengan komunitas setia Paus John XXIII di aula Paul VI di Vatikan, 20 Desember 2014.
  • Seorang pria berjalan dekat monumen Savur Mogila yang dibangun untuk mengenang prajurit Red Army yang gugur dalam Piala Dunia II, yang baru-baru ini rusak, dekat kota Snizhnee, Ukraina Timur.
  • Mac Bohonnon dari AS berkompetisi di Piala Dunia Tim FIS Freestyle Ski di Beijing, China.
  • Balon besar bergambarkan wajah "ojisan", seorang pria paruh baya, di sekolah dasar Nishiki di Utsunomiya, Tochigi, 100 km sebelah utara Tokyo, Jepang. Anggota kelompok seni "Me", yang artinya "mata" dalam bahasa Jepang, dan Utsunomiya Museum of Art meluncurkan seni instalasi "The Day an Ojisan's Face Floated in the Sky", balon wajah pria berukuran 15 x 10 meter, yang dipilih di kota itu, memandang ke kotanya dari langit.
Galeri Foto

Galeri Foto 21 Desember 2014

Video

Video Gamelan Sari Raras

Gamelan Sari Raras yang merupakan bagian dari Departemen Musik, University of California Berkeley (UC Berkeley). Dibentuk sejak tahun 1988 oleh Midiyanto, pengajar gamelan di UC Berkeley dan Ben Brinner, kepala Departemen Musik. Selengkapnya simak liputan Tim VOA berikut ini.
Video

Video Film 'The Interview' Batal Putar

Sony Pictures diperkirakan rugi sekitar 100 juta dolar karena batalnya pemutaran film "The Interview" akibat ancaman serangan ke bioskop-bioskop yang menayangkannya. Film komedi ini adalah kisah fiktif tetapi diprotes Korea Utara karena menampilkan upaya pembunuhan Kim Jong Un.
Video

Video Menetas Generasi Muda Pecinta Lingkungan

Organisasi nirlaba The Nature Conservancy mengajak siswa 25 sekolah kejuruan lingkungan Amerika berkenalan lebih dekat dengan alam. Mereka bertahan hidup 2 minggu tanpa teknologi yang biasa digunakan. Ikuti aktivitas mereka di Santa Rosa Plateau, California, bersama tim VOA.
 Aktivitas di Facebook