Senin, 31 Agustus 2015 Waktu: 13:46

Berita / AS / Pemilu AS 2012

Live Blog: Malam Penghitungan Suara Pilpres AS

Malam puncak pemilu AS telah tiba. Reporter VOA Ade Astuti melaporkan dari markas kubu Presiden Obama di Chicago dan Retno Lestari dari markas Mitt Romney di Boston.

07.11.2012

Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).
Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).

Urutan posting:
Teruskan:
This is the blog post from Chicago
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Teruskan:
Presiden Obama tampil menyampaikan pidatonya lewat dari tengah malam waktu setempat. Para pendukung dan relawannya menyambut dengan seruan "four more years, four more years." Tampil bersama ibu negara Michelle Obama, dan kedua putrinya, Sasha dan Malia, Obama pertama-tama mengucapkan terima kasihnya kepada warga Amerika atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk memimpin selama empat tahun lagi. "The best is yet to come," demikian ucap Obama, sekali lagi menekankan bahwa perubahan yang ia janjikan masih akan memakan waktu agar bisa terwujud.

Kegembiraan terpancar dari para pendukung yang berada di markas Obama untuk malam ini di Chicago. Tapi bila dibandingkan dengan empat tahun lalu, atmosfirnya jauh berbeda. Pada pemilu 2008, sekitar 200.000 warga berkumpul di Grant Park dan dengan gegap gempita menyambut kemenangan Presiden Obama sebagai presiden Amerika pertama yang adalah keturunan Afrika. Tahun ini, jumlah yang berkumpul di dalam gedung McCormick Place jauh lebih sedikit. Walaupun begitu, tak pelak lagi mood perayaan tetap terasa di tempat ini.

Teruskan:

Empat tahun lalu saya berada di Chicago ini untuk melaporkan terpilihnya Obama sebagai presiden Amerika ke-44 dan kini sejarah kembali berulang bagi Obama.

Obama menang di negara-negara bagian kunci yang diperebutkan secara sengit, yaitu Ohio, Wisconsin, Iowa dan Pennsylvania. Di luar itu, tidak ada kejutan, dengan Romney memenangkan negara-negara bagian basis partai Republik dan Obama sebaliknya.

Adapun hasil final perolehan suara masih harus ditunggu, karena TPS di negara bagian Alaska misalnya, masih hingga sekarang masih dibuka.

Sekarang para pendukungnya di sini menunggu kemunculan the man of the hour Presiden Obama utk tampil memberikan pidatonya. Namun bagaimanapun jalan ke depan bagi Obama tidak mudah. Banyak permasalahan penting yang harus ia hadapi segera, seperti masalah perekonomian, lapangan kerja, jurang fiskal dsb. Ini terutama tidak mudah dengan lembaga legislatif didominasi oleh partai lawan, partai Republik.
 
 
 
 
 
 
 
 

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...  
🔇
X
  • Seorang demonstran bertopeng berdoa dalam hari kedua demonstrasi yang menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Najib Razak dan reformasi elektoral, di Kuala Lumpur (30/8). (AFP/Mohd Rasfan)
  • Para aktivis dari Koalisi Pemilu Bersih dan Adil (BERSIH) berdemonstrasi di jalanan utama Kuala Lumpur (29/8) menuntut pengunduran diri PM Najib Razak. (AP/Joshua Paul)
  • Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (tengah) melambaikan tangan kepada para aktivis Koalisi Pemilu Bersih dan Adil (BERSIH) saat tiba di tengah demonstrasi di Kuala Lumpur (30/8).
  • Para demonstran mendengarkan pidato dalam protes yang diorganisir oleh kelompok pro-demokrasi "Bersih" di Kuala Lumpur (29/8). (Reuters/Olivia Harris)
  • Para aktivis dari Koalisi Pemilu Bersih dan Adil (BERSIH) berdemonstrasi di Kuala Lumpur (29/8) menuntut pengunduran diri PM Najib Razak. (AP/Joshua Paul)
  • Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengunjungi sebuah masjid di Semenyih, pinggiran Kuala Lumpur, 5 Juli 2015. (AP/Joshua Paul)
Video

Video Lembaga Kesehatan Reproduksi AS Perdagangkan Janin?

Planned Parenthood, organisasi yang menangani kesehatan reproduksi perempuan yang didanai oleh pemerintah AS kini menjadi sorotan karena dianggap melakukan tindakan ilegal yakni perdagangan bagian tubuh janin yang diaborsi. Selengkapnya ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Meminjam Manusia Sebagai Buku Hidup di Perpustakaan

Di perpustakaan berkonsep unik di negara bagian Virginia, AS, Anda tidak hanya dapat meminjam buku, namun juga meminjam buku hidup, alias manusia atau tokoh dengan berbagai kisah menarik. Selengkapnya dilaporkan reporter VOA Ariadne Budianto.
Video

Video Kilas VOA 31 Agustus 2015

Serangan udara koalisi menewaskan 36 warga sipil di Yaman. Ribuan warga Jepang memrotes RUU pengiriman pasukan ke luar negeri. Enam ilmuwan akan mengurung diri selama setahun di Hawaii, guna mensimulasi penjelajahan di planet Mars. 60 pilot aerobatik terbaik mengikuti kejuaraan dunia di Perancis.
Video

Video Sapa Dunia VOA untuk Kompas TV 31 Agustus 2015

Reporter VOA Patsy Widakuswara menyampaikan sejumlah berita Amerika Serikat termasuk wacana pembatasan kepemilikan senjata setelah penembakan wartawan televisi, dan pasangan Amerika yang mengawinkan batik dengan seni ‘quilting’.
 Aktivitas di Facebook