Senin, 01 September 2014 Waktu UTC: 23:25

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Warga Tiongkok Tantang Pejabat Berenang di Sungai Tercemar

Berang dengan pencemaran di sungai, warga Tiongkok menantang pejabat lingkungan hidup di untuk berenang di sungai-sungai tersebut.

Warga di Tiongkok berang dengan pemerintahnya karena membiarkan sungai-sungai di daerah mereka tercemar. (Foto: Dok)
Warga di Tiongkok berang dengan pemerintahnya karena membiarkan sungai-sungai di daerah mereka tercemar. (Foto: Dok)
Seorang pengusaha Tiongkok yang marah dengan tercemarnya sungai menantang seorang pejabat lingkungan untuk berenang di dalamnya.

Pengusaha bernama Jin Zengmin, dalam akun mikroblognya, memposkan foto-foto sungai itu yang dipenuhi sampah.  Ia menantang kepala pengawasan lingkungan setempat, Bao Zhening untuk berenang di sungai yang terletak di kota Rui'an, provinsi Zhejiang, itu dengan imbalan 200.000 yuan, atau sekitar US$32 ribu.

Tantangan yang diajukan Sabtu lalu mencerminkan rasa frustrasi  di kalangan masyarakat Tiongkok mengenai polusi yang terjadi di banyak tempat dan kurangnya tindakan pemerintah.  Tantangan itu kabarnya juga memicu munculnya tantangan lain. Seorang yang merahasiakan namanya di sebuah forum daring menawarkan imbalan uang 300.000 yuan untuk kepala pengawas lingkungan di kabupaten Changnan jika bersedia berenang di sungai-sungai yang tercemar itu.
   
Jin mengatakan dalam mikroblognya, sebuah pabrik sepatu karet membuang limbahnya ke sungai itu dan bahwa daerah tersebut memiliki tingkat kasus kanker yang luar biasa tinggi.

Tidak jelas apakah kepala pengawas lingkungan tersebut menerima tantangan tersebut.  Namun, biro lingkungan  telah menghubungi Jin dan mengatakan akan mengambil sejumlah tindakan, termasuk bekerjasama dengan warga setempat membersihkan sampah dari sungai dan memasang tanda-tanda larangan membuang sampah ke sungai.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook