Senin, 01 September 2014 Waktu UTC: 21:01

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Warga Tibet di Pengasingan Desak Dunia Tekan Tiongkok

Pemerintah Tibet di pengasingan mendesak komunitas internasional agar menekan Tiongkok lebih tegas untuk menanggapi kemarahan rakyat Tibet.

Warga Tibet di pengasingan mendesak internasional agar menekan Tiongkok lebih tegas untuk menanggapi protes rakyat Tibet (foto: dok).
Warga Tibet di pengasingan mendesak internasional agar menekan Tiongkok lebih tegas untuk menanggapi protes rakyat Tibet (foto: dok).
Imbauan itu diutarakan di tengah meningkatnya aksi bakar diri oleh warga Tibet yang memprotes kekuasaan Tiongkok di Tibet.

Berbagai kasus bakar diri dimulai pada Februari 2009 sebagai protes atas apa yang disebut warga Tibet penindasan terhadap budaya mereka oleh Tiongkok.

Lebih dari 100 orang telah membakar diri di wilayah Tibet di Tiongkok, dan banyak lagi di negara-negara lain. Seorang laki-laki Tibet meninggal setelah membakar diri di Kathmandu, ibukota Nepal, hari Rabu.

Beijing membantah tuduhan penindasan itu, dan mengatakan aksi bakar diri adalah aksi terorisme.

Lobsang Sangay, kepala Pemerintahan Tibet Pusat yang berbasis di India, hari Kamis mendesak pemerintahan di dunia dan PBB agar menyelidiki penyebab berbagai kasus bakar diri itu dan bekerjasama dengan Tiongkok “untuk menghentikan situasi yang memburuk di Tibet.”
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook