Sabtu, 20 Desember 2014 Waktu: 09:57

Berita / Dunia / Asia Pasifik

VOA dan BBC Protes Pengacakan Siaran oleh Tiongkok

Kantor-kantor berita VOA dan BBC memprotes gangguan baru siaran bahasa Inggris di Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok mengganggu siaran radio VOA dan juga BBC.
Pemerintah Tiongkok mengganggu siaran radio VOA dan juga BBC.
Direktur VOA David Ensor mengecam intervensi baru terhadap penyiaran di Tiongkok dan mengatakan mereka sedang bekerjasama dengan para ahli untuk menentukan di mana sumber gangguan sebenarnya.

Ia menambahkan “arus informasi yang bebas merupakan hak universal dan VOA akan terus menyediakan informasi yang akurat dan seimbang pada platform yang dapat mencapai para pendengar di daerah-daerah yang disensor.”

VOA bukanlah satu-satunya korban gangguan siaran.  BBC pekan ini mengatakan gelombang pendek siaran radio bahasa Inggrisnya juga diganggu di Tiongkok.

Pihak BBC mengatakan meskipun mungkin belum diketahui siapa yang melakukan hal itu, “upaya-upaya luar biasa dan terencana ini merupakan indikasi dilakukan oleh negara yang kaya sumber daya seperti Tiongkok”.

Tim teknik siaran VOA mengatakan siaran Radio Australia juga diganggu.

Tim teknik VOA di kantor pusat Washington mengatakan, meskipun siaran bahasa Tiongkok VOA kerap diganggu di Tiongkok, namun siaran bahasa Inggris biasanya tidak diganggu.
Mereka mengetahui soal gangguan program siaran bahasa Inggris ini sekitar satu bulan lalu dan mengatakan tampaknya gangguan ini menggunakan teknologi baru.

Banyak negara telah menggunakan berbagai metode untuk mengganggu siaran VOA selama puluhan tahun, khususnya semasa Perang Dingin ketika VOA melakukan siaran secara luas ke Uni Soviet dan negara-negara lain dibawah kekuasaan komunis. Kini siaran televisi satelit ke Iran juga kerap diganggu, demikian pula siaran VOA ke Ethiopia.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook