Kamis, 30 Oktober 2014 Waktu UTC: 15:06

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Vietnam Sidangkan 14 Aktivis HAM atas Tuduhan Subversi

Para aktivis HAM tersebut ditangkap pada tahun 2011 atas kecurigaan terlibat dengan Viet Tan, kelompok oposisi yang dilarang yang berbasis di Amerika.

Polisi Vietnam melakukan penjagaan gedung pengadilan saat berlangsungnya sidang atas 3 blogger yang didakwa melakukan propaganda anti pemerintah (foto: dok).
Polisi Vietnam melakukan penjagaan gedung pengadilan saat berlangsungnya sidang atas 3 blogger yang didakwa melakukan propaganda anti pemerintah (foto: dok).
Pihak berwenang Vietnam telah menyidangkan 14 aktivis HAM atas tuduhan berusaha menggulingkan pemerintah komunis. Ini adalah kasus subversi terbesar yang diadili di Vietnam sejak bertahun-tahun.

Para terdakwa ditangkap tahun 2011 atas kecurigaan terlibat dengan Viet Tan, kelompok oposisi yang dilarang yang berbasis di Amerika dan dicap oleh Vietnam sebagai sebuah organisasi teroris.

Persidangan itu dibuka hari Selasa di sebuah pengadilan di provinsi Nghe An, Vietnam selatan. Pengadilan itu diperkirakan akan berlangsung singkat dan sidang terakhir dijadwalkan akhir minggu ini. Para blogger melaporkan keributan diluar ruang pengadilan selagi ratusan personil keamanan menghalangi keluarga dan pendukung terdakwa mendekat.

Jika dinyatakan bersalah para aktivis HAM itu bisa menghadapi hukuman penjara yang lama atau hukuman mati.

Tran Thu Nam termasuk diantara empat pengacara yang mewakili terdakwa di pengadilan. Berbicara kepada VOA lewat telephone setelah sidang hari Selasa, ia mengatakan tim pembela menolak tuduhan jaksa mengenai subversi.

Dalam pernyataan lewat email kepada VOA, juru bicara kelompok Viet Tan yang berkantor di California mengecam persidangan itu, dan menyebutnya sebagai pertanda pemerintah Vietnam “tidak menghormati ekspresi dan aspirasi politik secara damai”.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook