Jumat, 31 Oktober 2014 Waktu UTC: 19:09

Berita / Dunia / Eropa

Uni Eropa Setujui Tes DNA atas Produk-produk Daging

Uni Eropa menyetujui rencana untuk melakukan tes DNA pada produk-produk daging sapi di tengah skandal pangan akibat produk yang tercampur dengan daging kuda.

Banyak produk daging telah ditarik keluar dari lemari-lemari es di supermarket di negara-negara Eropa akibat skandal tercemar daging kuda (foto: dok).
Banyak produk daging telah ditarik keluar dari lemari-lemari es di supermarket di negara-negara Eropa akibat skandal tercemar daging kuda (foto: dok).
Dalam sebuah pernyataan hari Jumat, Kepala Divisi Kesehatan Uni Eropa Tonio Borg mengimbau negara-negara anggotanya untuk "terus memberi tekanan" guna mengidentifikasi secara jelas urutan peristiwa skandal itu.

Banyak produk daging telah ditarik keluar dari lemari-lemari es di supermarket, awalnya di Inggris dan Irlandia, tetapi juga di negara-negara lain, termasuk Swedia dan Jerman.

Pernyataan itu mengatakan tes DNA itu akan berlangsung setidaknya sebulan. Tes itu akan memeriksa apakah dalam produk itu terdapat daging kuda tanpa label dan residu atau sisa fenilbutazon, obat anti-inflamasi yang dilarang digunakan dalam daging bagi konsumsi manusia.

Pada hari Kamis, Badan Pengawas Makanan Inggris mengatakan delapan diantara 206 ekor kuda yang diperiksanya dinyatakan positif menngandung fenilbutazon, secara umum dikenal sebagai bute.

Menurut laporan, enam diantara ke-delapan kuda itu, semuanya diproses di sebuah rumah potong di Inggris barat daya, telah dikirim ke Perancis dan "mungkin telah memasuki rantai toko pangan."
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook