Kamis, 24 Juli 2014 Waktu UTC: 17:02

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Tiongkok Tangani Operasi Pelabuhan Utama Pakistan

Tiongkok telah memperoleh wewenang untuk menangani operasi di sebuah pelabuhan samudera yang strategis di Pakistan.

Pemerintah Pakistan sepakat untuk menyerahkan operasi Pelabuhan Samudera Gwadar kepada Tiongkok (foto: dok).
Pemerintah Pakistan sepakat untuk menyerahkan operasi Pelabuhan Samudera Gwadar kepada Tiongkok (foto: dok).
Tiongkok akan menangani sebuah pangkalan angkatan laut yang berpotensi di Laut Arab dan memperluas jangkauannya untuk menjamin keamanan rute-rute energi dan maritimnya.

Pemerintah Pakistan secara resmi menyerahkan operasi Pelabuhan Samudera Gwadar kepada pejabat-pejabat Tiongkok yang sedang berkunjung ke Pakistan dalam upacara hari Senin di Islamabad.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari mengatakan serah terima itu merupakan awal era baru berbagai kesempatan bagi Pakistan dan Tiongkok.

Walaupun Tiongkok ikut mendanai dan membangun pelabuhan komersial Gwadar beberapa tahun lalu, pelabuhan itu tadinya dikelola oleh Otoritas Pelabuhan Singapura. Perusahaan Tiongkok milik negara, China Overseas Ports Holding Company, kini akan mengelola operasi pelabuhan itu.

Pelabuhan Gwadar terletak di ujung utara Laut Arab, dengan akses kunci ke jalur pelayaran ke arah barat Teluk Persia. Pelabuhan ini akan memberi wilayah Tiongkok barat rute yang lebih dekat ke jalur-jalur pelayaran dibandingkan kalau menggunakan pelabuhan di Tiongkok tenggara.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook