Jumat, 24 Oktober 2014 Waktu UTC: 18:02

Berita / Ekonomi

Tingkat Penjualan Kendaraan di AS akan Naik 7 Persen Tahun Ini

Sebuah lembaga industri otomotif memperkirakan, ekonomi yang lebih sehat dan diperkenalkannya model-model kendaraan baru akan mendongkrak penjualan kendaraan di Amerika di atas 15 juta tahun ini.

Salah satu tren ekonomi 2013 yang diperkirakan oleh lembaga kajian Polk adalah naiknya penjualan truck pickup. Tingkat permintaan rendah selama lima tahun karena ekonomi yang lesu, akan terdongkrak tahun 2013 karena model yang dirancang ulang oleh GM, Toyota, dan Ford (foto: Dok).
Salah satu tren ekonomi 2013 yang diperkirakan oleh lembaga kajian Polk adalah naiknya penjualan truck pickup. Tingkat permintaan rendah selama lima tahun karena ekonomi yang lesu, akan terdongkrak tahun 2013 karena model yang dirancang ulang oleh GM, Toyota, dan Ford (foto: Dok).
Lembaga kajian Polk memperkirakan, penjualan kendaraan akan terus memimpin pemulihan ekonomi Amerika, naik hampir tujuh persen dari tahun 2012 mencapai 15,3 juta kendaraan baru.

Perusahaan-perusahaan pembuat mobil mengeluarkan angka penjualan bulan Desember dan sepanjang tahun 2012 dua minggu lalu. Para analis berpendapat penjualan tahun lalu mencapai 14,5 juta, angka tertinggi sejak 2007- sesaat sebelum warga Amerika merasakan imbas resesi. Banyak analis mengatakan, penjualan lebih dari 15 juta kendaraan dipandang sebagai pertanda industri otomotif dan ekonomi sehat.

Polk memperkirakan tingkat penjualan sebelum resesi yang mencapai 17 juta tidak akan terjadi selama beberapa tahun, ujar Anthony Pratt, Direktur Polk untuk wilayah Amerika, hari Rabu lalu.

Polk memperkirakan 43 model kendaraan baru akan diperkenalkan tahun ini, naik 50 persen dari tahun lalu. Model-model baru biasanya mendongkrak penjualan.

Namun, perkiraan Polk yang optimistik tergantung pada apakah Washington berhasil mencapai kesepakatan mengenai pengurangan anggaran, yang akan terjadi tidak lama lagi. Pada malam Tahun Baru, Kongres menyetujui kompromi untuk mencegah yang disebut “jurang fiskal.”

Kesepakatan itu menaikkan pajak bagi bujangan yang berpenghasilan lebih dari 400.000 dolar dan 450.000 dolar bagi yang berkeluarga. Namun, kesepakatan itu menangguhkan pengurangan besar-besaran anggaran belanja federal dan utang negara, dan akan mengakibatkan perseteruan lainnya di Kongres dalam bulan-bulan mendatang.

Perseteruan itu akan berlangsung dalam tiga bulan, ketika wewenang hukum pemerintah untuk meminjam uang serta pendanaan sementara untuk anggaran badan-badan pemerintah kadaluwarsa.

Polk memperkirakan tren-tren ekonomi lainnya untuk tahun 2013. Penjualan truk pickup akan naik, laba besar bagi perusahaan-perusahaan mobil. Tingkat permintaan rendah selama lima tahun karena ekonomi yang lesu, akan terdongkrak tahun 2013 karena model yang dirancang ulang oleh GM, Toyota, dan Ford.

Polk juga mengatakan sedan berukuran sedang akan terus memimpin dalam industri ini. Pangsa pasarnya adalah 18,5 persen, dua persen lebih besar dari jenis-jenis kendaraan lain.

“Desain ulang hampir semua kendaraan berukuran sedang mendorong lebih banyak persaingan dan kesinambungan pertumbuhan,” kata Tom Libby, analis senior Polk untuk Amerika Utara.

Penjualan kendaraan mencapai titik tertinggi sekitar 17 juta tahun 2005, tetapi turun menjadi 10,4 juta tahun 2009, yang terendah dalam lebih dari tiga dekade. (AP)
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook