Jumat, 19 Desember 2014 Waktu: 09:15

Berita / AS

2012 Tahun dengan Suhu Terhangat di Amerika

Badan pengawas cuaca Amerika mengatakan tahun 2012 lalu merupakan tahun terhangat bagi Amerika.

Kekeringan yang melanda beberapa negara bagian AS, merusak ladang jagung dan menggagalkan panen tahun lalu (foto: dok). Tahun 2012 merupakan tahun terhangat di Amerika.
Kekeringan yang melanda beberapa negara bagian AS, merusak ladang jagung dan menggagalkan panen tahun lalu (foto: dok). Tahun 2012 merupakan tahun terhangat di Amerika.
Pakar cuaca pemerintah hari Selasa mengatakan suhu rata-rata tahun 2012 di 48 negara bagian Amerika tidak termasuk Hawaii dan Alaska utara adalah 55,32 derajat Fahrenheit atau sekitar 13 derajat Celcius. Suhu itu satu derajat lebih tinggi daripada rekor yang dicatat tahun 1988. Suhu itu juga tiga derajat lebih tinggi dari rata-rata selama abad ke 20.

Selagi iklim bumi mengalami perubahan, Amerika mengalami kecenderungan suhu hangat dalam waktu lama. Badan Cuaca Nasional mengatakan kemarau di musim panas yang mencakup banyak tanah pertanian Amerika dan arus udara ke utara ikut berperan menciptakan rekor yang hangat selama tahun lalu.

Selain itu, pemerintah mengatakan suhu tersebut merupakan tahun kedua terburuk dalam sejarah cuaca ekstrim Amerika, dengan adanya 11 bencana alam yang masing-masing menyebabkan kerusakan lebih dari 1 milyar dolar. Termasuk diantara yang terburuk adalah badai super Sandy yang melanda kawasan padat penduduk di pesisir timur laut Amerika bulan Oktober lalu, badai topan Isaac yang melanda pantai selatan dan sejumlah tornado.

Data cuaca tahun 2012 dari seluruh dunia diperkirakan keluar minggu depan. Dengan data dari 11 bulan pertama, bumi akan mencatat tahun kedelapan terhangat dalam sejarah.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook