Sabtu, 28 Mei 2016 Waktu: 10:58

    Berita / AS

    Sutradara Jepang Legendaris Dapat Penghargaan dari Hollywood

    Akira Kurosawa dan tiga koleganya mendapat penghargaan Jean Renoir Award 2013 dari Writers Guild of Amerikca (WGA).

    Pembuat film asal Jepang paling terkenal, Akira Kurosawa, yang disebut kaisar sinema Jepang. Ia meninggal pada 1998 dalam usia 88 tahun. (Foto: Dok)
    Pembuat film asal Jepang paling terkenal, Akira Kurosawa, yang disebut kaisar sinema Jepang. Ia meninggal pada 1998 dalam usia 88 tahun. (Foto: Dok)
    Pembuat film Jepang legendaris Akira Kurosawa dan tiga koleganya akan mendapat penghargaan dari asosiasi penulis Amerika Writers Guild of America (WGA) bulan depan karena karya-karya yang “memberikan rasa keluhuran.”

    WGA cabang barat, yang mewakili penulis televisi, film, radio dan pemrograman Internet di pantai barat Amerika, mengatakan bahwa almarhum Kurosawa dan para kolaboratornya Ryuzo Kikushima, Hideo Oguni dan Shinobu Hashimoto, akan menerima Penghargaan Jean Renoir 2013 untuk Pencapaian Penulisan Naskah pada 17 Februari di Los Angeles.

    Hashimoto, 94, adalah satu-satunya yang masih hidup dari tim tersebut. Ia sepertinya tidak akan menghadiri upacara tersebut.

    Penghargaan tersebut diberikan setiap tahun untuk penulis di luar Amerika yang telah menaikkan standar untuk penulis Amerika, ujar wakil presiden WGA Barat Howard Rodman.

    "Empat pria ini telah bekerja sama dan bertanggung jawab menghasilkan banyak sekali karya adiluhur – film-film yang mencerminkan budaya Jepang, yang memberikan kita rasa keluhuran (sublim),” ujar Rodman dalam pernyataan tertulis.

    Kurosawa, yang menerima piala Oscar kehormatan pada 1990 dan meninggal dunia pada 1998, mencapai sukses dengan banyak film yang ia tulis bersama Kikushima, Hashimoto dan Oguni.

    Dengan Kikushima, keduanya menulis film-film klasik seperti "Stray Dog" (1949) dan "Yojimbo" (1961). Hashimoto bekerja sama dengan Kurosawa dalam film legendaris pada 1950 yaitu "Rashomon." Oguni, Hashimoto dan Kurosawa kemudian berkolaborasi pada 1952 lewat "Ikiru" dan pada 1954 dengan"Seven Samurai." Keempatnya menulis film-film seperti "Throne of Blood" (1957) dan "The Hidden Fortress” (1958).

    Kikushima wafat pada 1989 sementara Oguni meninggal pada 1996.

    Penerima penghargaan sebelumnya termasuk penulis naskah asal Italia Suso D'Amico pada 2009 dan Tonino Guerra pada 2011. (Reuters)

    Lihat Juga

    Warga AS Didakwa Berkomplot dengan Teroris

    Mahmoud Amin Mohamed Elhassan (26 tahun), penduduk Woodbridge, Virginia, Kamis malam (26/5) didakwa karena membantu dan bersekongkol memberikan dukungan material kepada ISIS dan membuat pernyataan palsu kepada FBI. Selengkapnya

    Laporan PBB: Tidak Ada Pelanggaran Kesepakatan Nuklir Iran

    Badan Energi Atom Internasional juga mengatakan Iran telah memperbaiki satu pelanggaran yang dicatat pada bulan Februari dengan mengurangi passkan air berat ke batas yang diizinkan, yaitu 143,3 ton atau di bawahnya. Selengkapnya

    Wartawan Australia Dipecat Setelah Upaya Penculikan di Lebanon

    Stephen Rice, produser program 60 Minutes Australia, membayar jasa pemulangan anak untuk menculik anak-anak itu dari ayah mereka setelah ibu mereka mengatakan dia membawa anak-anak itu berlibur tahun lalu dan tidak memulangkan mereka. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami