Minggu, 19 Mei 2013 Waktu Washington, DC: 17:58

Berita / Gaya Hidup / Kesehatan

Konsumsi Asam Folat oleh Ibu Hamil Perkecil Risiko Autis pada Bayi

Bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi suplemen vitamin B asam folat yang cukup pada awal kehamilan secara signifikan lebih kecil kemungkinannya terkena autisme.

Menurut Kepala tim peneliti di Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia Pal Suren, empat minggu sebelum dan delapan minggu setelah pembuahan merupakan saat kritis bagi asam folat untuk mengurangi resiko autisme (foto; dok).
Menurut Kepala tim peneliti di Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia Pal Suren, empat minggu sebelum dan delapan minggu setelah pembuahan merupakan saat kritis bagi asam folat untuk mengurangi resiko autisme (foto; dok).
UKURAN HURUF - +
Jessica Berman
Tim peneliti di Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia mempelajari data kesehatan lebih dari 85.000 anak yang lahir antara tahun 2002 dan 2008. Penelitian ini meminta para ibu untuk menggambarkan pola makan dan semua suplemen mereka sebelum dan selama kehamilan. Setelah lahir, peneliti mengikuti perkembangan anak-anak itu sampai akhir Maret 2012, untuk melihat berapa banyak yang terkena autisme.
 
Kepala tim peneliti Pal Suren beserta rekan-rekannya membandingkan wanita hamil yang mengonsumsi suplemen asam folat dan yang tidak.

“Perempuan yang mengonsumsi asam folat pada awal kehamilan sangat mengurangi risiko melahirkan anak yang menderita autisme. Penurunannya sampai 40 persen,” paparnya.
 
Menurut Suren, empat minggu sebelum dan delapan minggu setelah pembuahan merupakan saat kritis bagi asam folat untuk mengurangi resiko autisme. Peneliti tidak menemukan manfaat asam folat pada masa kehamilan selanjutnya. Mereka juga tidak menemukan hubungan antara autisme masa kanak-kanak dengan konsumsi suplemen lain selama kehamilan, dan tidak ada hubungan dengan asupan asam folat alami yang didapat ibu dari makanan.
 
Tim peneliti melaporkan 270 anak didiagnosis mengalami gangguan spektrum autisme, termasuk 114 dengan autisme dan 56 dengan sindroma Asperger yang lebih ringan.
 
Rentang gangguan autisme dimulai dari Asperger yang ditandai dengan kecanggungan sosial sampai gangguan yang parah di mana anak tidak dapat berkomunikasi dengan dunia luar. Penyebab sindroma ini tidak diketahui, meskipun beberapa gen dikatakan berperan.

Asam folat sudah dikaitkan dengan penutupan tabung saraf selama perkembangan janin. Ibu yang kekurangan asam folat berisiko melahirkan bayi dengan cacat fisik di mana sebagian sumsum tulang belakang atau otak tidak terlindung karena tabung saraf tidak menyatu sepenuhnya. Kondisi ini menyebabkan kelumpuhan yang disebut spina bifida.
 
Ezra Susser, salah seorang penulis penelitian asam folat ini bekerja di Mailman School of Public Health di Columbia University, New York. Ia mengatakan, "Suplemen ini sudah direkomendasikan untuk alasan lain. Jadi ini menambah alasan mengapa kami harus merekomendasikannya."

Sayuran berdaun hijau tua, asparagus, brokoli dan buah jeruk merupakan sumber yang kaya folat, bentuk alami asam folat. Namun wanita hamil perlu memastikan asupan yang cukup untuk mendukung perkembangan saraf bayi mereka dengan minum suplemen.

Penelitian yang menghubungkan suplemen asam folat dengan penurunan risiko autisme ini diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda
 Aktivitas di Facebook

Ikuti Kami

Video-video Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Video

Video Backstreet Boys dan Dakota Fanning - VOA Pop News

Backstreet Boys mendapat anugerah Hall of Fame di Hollywood. Debbie Sumual-Patlis menghantarkan liputannya untuk Anda di VOA Pop News kali ini. Simak juga kabar tentang Dakota Fannig dalam masa transisinya dari artis cilik menjadi artis dewasa. Siapa artis yang akan dibahas di Hollywood Highlights kali ini? Klik video ini untuk temukan jawabannya.
Video-video Lainnya

Galeri Foto

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
  • Kapal layar-kapal layar balap Pen Duick berlayar di pantai Saint-Quay-Portrieux, Perancis Barat dalam perjalanan dari Roscoff ke Saint-Quay-Portrieux.
  • Delegasi dari Movement for Democratic Change (MDC) termasuk Wakil Presiden Thokosani Khupe (kanan) menari saat upacara pembukaan resmi konfrensi MDC yang akan berkangsung tiga hari di Harare.
  • Dua warga Bangladesh melalui tanda bendera merah peringatan datangnya badai tropis Mahasen di pantai Teluk Benggala di Chittagong, Bangladesh,16 Mei 2013.
  • Pengunjung terlihat melalui instalasi "Resin" dalam pameran  "Kapoor di Berlin" di museum Martin Gropius Bau di Berlin pada tanggal 17 Mei 2013.
  • Para peziarah menunggang kuda-kuda mereka melintasi Sungai Quema dalam perjalanan mereka menuju El Rocio di pedesaan Almonte Provinsi Huelva, Spanyol,16 Mei 2013.
  • Seorang laki-laki Afghanistan mengarahkan anak-anaknya menjauh dari lokasi dimana seseorang telah melakukan serangan bom mobil bunuh diri atas konvoi NATO di Kabul, Afghanistan, 16 Mei 2013.
  • Para peraga busana menampilkan kreasi karya perancang busana Indonesia, Dian Pelangi, dalam acara Festival Busana dan Makanan Jakarta, di Jakarta, Indonesia.
  • Seorang anak mengamati ubur-ubur berenang di dalam sebuah tangki besar di Aquarium Vancouver, British Columbia,16 Mei 2013.
  • Seorang perempuan Korea menuangkan air suci ke sebuah patung Budha kecil untuk memperingati hari kelahiran Budha di Kuil Jogye di Seoul Korea.
  • Gabungan gambar sebuah galaksi memperlihatkan bagaimana tingkat gaya tarik yang terus menerus dari sebuah lubang hitam yang sangat besar bisa dikendalikan untuk menghasilkan daya yang sangat besar (foto: NASA).
  • Seorang pemuda Pakistan tampak mengejar kudanya seiring dengan terbenamnya matahari di pinggiran kota Islamabad, Pakistan.
  • Pemain bisbol dari klub New York Mets, Jordany Valdespin, meluncurkan tubuhnya menyentuh home plate untuk membuat skor dalam  RBI ganda oleh Daniel Murphy selama inning ketiga permainan bisbol melawan St Louis Cardinals di St Louis, 16 Mei 2013.
Lainnya