Sabtu, 19 April 2014 Waktu UTC: 14:30

Berita / Dunia / Afrika

Sudan, Sudan Selatan Sepakati Jadwal Kesepakatan Utama

Sudan dan Sudan Selatan sepakat mematuhi batas waktu guna memberlakukan pengamanan utama untuk minyak dan kesepakatan perbatasan.

Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir (kiri) dan PM Ethiopia Hailemariam Desalegn dalam pembicaraan di Addis Ababa, Ethiopia (5/1).
Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir (kiri) dan PM Ethiopia Hailemariam Desalegn dalam pembicaraan di Addis Ababa, Ethiopia (5/1).
UKURAN HURUF - +
Para mediator mengatakan presiden Sudan dan presiden Sudan Selatan sepakat mematuhi batas waktu guna memberlakukan pengamanan utama untuk minyak dan kesepakatan perbatasan yang macet selama lebih dari tiga bulan.

Perjanjian itu, yang mencakup dimulainya lagi ekspor minyak Sudan selatan melalui pipa Sudan utara, diumumkan hari Sabtu dalam KTT di Ethiopia.

Kesepakatan itu juga mencakup pembukaan kembali perlintasan perbatasan bagi perdagangan, penarikan pasukan dari wilayah perbatasan yang diperselisihkan, dan pembentukan kepolisian di wilayah Abyei, penghasil utama minyak.

Mediator Uni Afrika Thabo Mbeki mengatakan Presiden Sudan Omar al-Bashir dan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir, sepakat melanjutkan perjanjian itu "tanpa syarat."

Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Desalegn, yang menjadi tuan rumah KTT dua hari itu di Addis Ababa, kepada wartawan hari Sabtu mengatakan ia "sangat puas" dengan kemajuan dalam pertemuan tersebut.

Pada April 2012, sengketa mengenai minyak dan perbatasan membawa kedua pemerintah ke jurang perang skala penuh.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook