Selasa, 02 September 2014 Waktu UTC: 06:47

Berita / Olahraga

Sponsor Pelari Olimpiade Pistorius Tarik Diri Pasca Skandal Pembunuhan

Pengadilan dalam kasus pembunuhan di Afrika Selatan yang melibatkan bintang Olimpiade Oscar Pistorius bisa memakan waktu berbulan-bulan, tetapi jajak pendapat publik telah mengadilinya dalam waktu satu hari.

Pekerja tampak menurunkan papan reklame yang memuat wajah atlet Olimpiade Oscar Pistorius di pinggir jalan  Johannesburg (14/2/2013).
Pekerja tampak menurunkan papan reklame yang memuat wajah atlet Olimpiade Oscar Pistorius di pinggir jalan Johannesburg (14/2/2013).

Artikel Terkait

Salah satu sponsor utama di Afrika Selatan menarik iklan kampanye pelari ternama itu, hanya beberapa jam setelah pacar Pistorius ditemukan tewas tertembak di rumahnya.  Agennya mengumumkan Pistorius akan membatalkan seluruh pertandingan di masa depan.  Sponsor-sponsor lain dengan sangat hati-hati belum mengatakan apa rencana mereka kelak.  Tetapi seperti atlet-atlet yang tercoreng pamornya, prospek keuangan Pistorius tampaknya akan suram.

Diantara kerumunan orang yang berdesak-desakan dalam gedung pengadilan yang padat – ketika mengikuti sidang pendahuluan hari Jumat – ada seorang laki-laki berambut putih yang menatap dengan penuh perhatian.  Mungkin diantara semua orang yang hadir dalam ruangan itu, ia adalah orang yang bakal banyak kehilangan terkait kasus Pistorius.  Ia adalah agen Pistorius – Peen Van Zyl.

Hari Minggu, Van Zyl mengatakan Pistorius akan mundur dari lima pertandingan yang dijadwalkan hingga akhir bulan Mei di Australia, Amerika, Brazil dan Inggris.  Pertandingan-pertandingan itu adalah untuk membantu fisik Pistorius agar berada dalam kondisi puncak menjelang kejuaraan dunia bulan Agustus nanti.

Van Zyl menolak membahas isi pikiran Pistorius setelah ia mengunjunginya Minggu sore di ruang tahanannya di pos polisi Pretoria.  Tetapi ia mengatakan, pelari – yang melonjak ketenarannya karena kemampuan atletis yang sangat luar biasa setelah kedua kakinya diamputasi – masih memiliki banyak pendukung.

“Saya bisa sampaikan pada anda bahwa Oscar mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari begitu banyak fans di seluruh dunia.  Para penggemarnya di Afrika Selatan dan negara-negara lain, dari seluruh belahan dunia.  Ia tahu itu.  Saya telah menyampaikan pesan itu padanya.  Tentu saja dari sisi manajemen dan juga sebagai seorang teman, ini merupakan kejadian dan peristiwa tragis, dan saat ini kami hanya bisa memberi dukungan pada Oscar,” kata Van Zyl.

Van Zyl mengatakan para sponsor Pistorius umumnya masih setia padanya dan menunggu kelanjutan proses hukum.

Oscar Pistorius adalah atlet Paralympic dengan bayaran tertinggi di dunia.  Umumnya pendapatannya berasal dari sponsor-sponsor, termasuk kontrak-kontrak dengan “Nike”, kacamata “Oakley” dan perancang busana Thierry Mugler yang juga memberinya kontrak parfum.  Ia dilaporkan memperoleh penghasilan 4,7 juta dollar dari kontrak-kontrak itu.

Tetapi penyedia layanan satelit Afrika Selatan “M-Net” – dalam waktu beberapa jam setelah kabar pembunuhan itu – mengumumkan bahwa mereka menarik seluruh iklan yang menggunakan Pistorius, “sebagai ungkapan simpati dan rasa hormat pada mereka yang berduka”.

Para pekerja di sekitar Johannesburg hari Kamis tampak menurunkan baliho “M-Net” yang memuat wajah Pistorius.

Seorang wakil “Nike” – sponsor utama Pistorius – menolak berkomentar soal rencana perusahaan itu.  Juru bicara “Nike” untuk Afrika Selatan Seruscka Naidoo mengatakan “mengingat insiden ini merupakan urusan polisi, saat ini ‘Nike’ belum akan mengeluarkan komentar apapun”.

Ada sejumlah atlet lain yang telah kehilangan begitu banyak kontrak akibat skandal.  Seorang atlet yang menghadapi kasus hampir serupa dengan Pistorius adalah pemain futbal Amerika OJ Simpson, yang kehilangan kontrak-kontrak iklan yang menguntungkan setelah didakwa membunuh mantan istrinya.  Para sponsor tidak mengontraknya lagi setelah ia dibebaskan tahun 1995.

Pebalap sepeda Amerika Lance Amstrong juga kehilangan banyak sponsor setelah mengaku terlibat “doping” dan kehilangan ketujuh gelar juara “Tour de France”. Sementara pegolf Tiger Woods kehilangan banyak kontrak pada tahun 2009 di tengah tuduhan bahwa ia punya beberapa pacar gelap (Anita Powell).
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook