Kamis, 24 Juli 2014 Waktu UTC: 15:19

Berita / Dunia

Serangan Udara di Suriah Picu Berbagai Reaksi Dunia

Serangan udara baru-baru ini di Suriah telah memicu berbagai reaksi dunia.

Serangan udara Israel di Suriah baru-baru ini memicu berbagai reaksi dunia (Foto: dok).
Serangan udara Israel di Suriah baru-baru ini memicu berbagai reaksi dunia (Foto: dok).
Sementara Israel mengatakan setiap tindakan diarahkan terhadap militan Hezbollah, para pejabat Suriah mengatakan serangan itu menunjukkan aliansi Israel dengan teroris di Suriah.

Dalam pembicaraan telepon hari Senin (6/5) dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem menuduh Israel bekerja-sama dengan negara-negara Barat untuk merongrong Suriah, dan mengatakan negaranya mempunyai hak untuk membalas.

Rusia, beserta China dan Sekjen PBB Ban Ki-moon, mengutarakan keprihatinan mengenai serangan udara itu dan ancaman yang dapat disebarkan oleh krisis di Suriah.

Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan membicarakan hal itu hari ini dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry di Moskow.

Organisasi hak azasi Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris mengatakan serangan udara hari Minggu terhadap satu kompleks militer yang besar dekat Damaskus menewaskan sedikitnya 42 tentara.  Pemerintah Suriah belum mengungkapkan jumlah yang tewas, tetapi media pemerintah melaporkan ada korban yang jatuh.

Anggota parlemen Israel Tzachi Hanegbi, yang dekat dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, tidak mengukuhkan bahwa Israel melakukan serangan udara itu, tetapi mengatakan hari Senin kalau ada kegiatan Israel, itu adalah untuk melawan Hezbollah yang berbasis di Lebanon, bukan terhadap Suriah.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook