Senin, 20 Oktober 2014 Waktu UTC: 09:43

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Sedikitnya 5 Tewas Akibat Gempa dan Tsunami di Solomon

Sebuah gempa bumi kuat mengguncang kepulauan di Pasifik Selatan, Rabu (6/2), memicu terjadinya tsunami yang menewaskan sedikitnya lima orang.

Rumah-rumah yang hancur akibat gempa dan tsunami di Solomon, Selasa (6/2).
Rumah-rumah yang hancur akibat gempa dan tsunami di Solomon, Selasa (6/2).
Gempa berkekuatan delapan skala Richter menghantam kawasan yang tak banyak dihuni penduduk dekat kepulauan Solomon. Tsunami setinggi satu meter belakangan menyapu pantai  di jaringan kepulauan itu. 

Insiden itu mengakibatkan kerusakan di beberapa desa di Santa Cruz di bagian tSoloimur negara itu, dekat pusat gempa. Peringatan  tsunami di seluruh kawasan itu dicabut tidak lama kemudian.

Kantor PBB Urusan Koordinasi Bantuan Kemanusiaan mengatakan, empat orang dilaporkan tewas dan dua hilang di kepulauan Solomon di Santa Cruz.  Kantor itu mengatakan, banyak rumah tradisional rata dengan tanah ketika tsunami menghantam hingga 500 meter ke wilayah dalam pulau-pulau itu.

Seismolog Dale Grant dari Survai Geologi Amerika mengatakan kepada VOA, gempa awal diikuti sedikitnya 14 gempa susulan berkekuatan 5 skala Richter atau lebih.

Pihak berwenang juga sedang menyelidiki  laporan-laporan bahwa beberapa desa rusak atau hancur di kawasan yang sulit dijangkau itu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook