Sabtu, 20 September 2014 Waktu UTC: 15:59

Berita / AS

Rumah Tua Reagan: Untuk Situs Bersejarah atau Kampus?

Perdebatan sedang berlangsung tentang pentingnya rumah tua Ronald Reagan sebagai tempat bersejarah yang mungkin akan digusur untuk perluasan kampus fakultas kedokteran di Chicago.

Ronald Reagan di Ruang Oval, Gedung Putih, saat menjabat sebagai presiden. (Foto: Dok)
Ronald Reagan di Ruang Oval, Gedung Putih, saat menjabat sebagai presiden. (Foto: Dok)
Jessica Berman
Mantan Presiden Amerika Ronald Reagan menghabiskan hampir seluruh hidupnya di California, tetapi warga di negara bagian Illinois dengan bangga menyatakan bahwa ia lahir dan dibesarkan di sana.
 
Pada masa kecilnya, Reagan tinggal sebentar di Hyde Park, Chicago bagian selatan, yang juga merupakan kota kediaman Presiden Barack Obama. 
 
Ini adalah bangunan tua yang tidak menarik di lingkungan Chicago selatan.  Tetapi bagi sebagian warga lokal, rumah nomor 832 di East 57th Street di Hyde Park sangat luar biasa. Reagan pernah tinggal disana sebelum menjadi presiden.
 
“Presiden Reagan menyatakan ia senang tinggal di sana. Ia berbicara tentang jalan-jalan yang diterangi lampu-lampu gas dan mainan tentara yang dipinjamnya dari tetangga-tetangganya.  Kenangan ini membekas dis ana,” ungkap Susan Davis, seorang penulis yang tinggal di Hyde Park.

Davis menulis buku tentang gedung-gedung pemukiman bersejarah yang tidak banyak diketahui orang pada umumnya.  Seperti kenyataan bahwa Reagan tinggal disana pada 1915.

“Baru pada tahun 1980an diketahui bahwa ia pernah tinggal di sana,” lanjut Davis.
 
Inilah sebabnya rumah ini diabaikan sampai Universitas Chicago membeli properti itu dan berencana membongkarnya untuk membuat jalan bagi perluasan kampus fakultas kedokteran.
 
Komisi Bangunan Bersejarah Chicago menolak memberi status “bangunan bersejarah” sehingga bangunan itu bisa dihancurkan.  Mereka yang terkait dengan presiden Amerika ke 40 itu menentang keputusan tersebut.
 
“Ini merupakan kesempatan untuk menjadikan rumah ini sebagai salah satu tujuan wisata, fakta sejarah tentang satu-satunya presiden yang lahir di negara bagian Illinois” kata Ann Lewis, Ketua Dewan Direktur Museum dan Rumah Kanak-kanak Ronald Reagan di Dixon, Illinois yang terletak sekitar 160 kilometer dari Chicago barat. 

Reagan tinggal beberapa tahun di sana ketika masih kecil. “Reagan akan dikenang karena memiliki sesuatu di Chicago dan bagian dari keberadaannya di negara bagian Illinois” kata Lewis.
 
Namun Daniel Weinberg, ketua sejarawan dan pemilik Toko Buku Abraham Lincoln di Chicago yang menghormati seorang presiden lainnya yang tinggal di Illinois, tidak yakin rumah Ronald Reagan di Chicago bernilai tinggi.

Ia mengatakan, “Kita tidak bisa mempertahankan semua itu.  Waktu itu ia sangat muda dan hanya berada disini selama dua tahun.  Saya paham bahwa tempat ini penting, tetapi bagaimana dengan tempat-tempat lain dimana ia atau presiden lainnya pernah tinggal?”
 
Universitas Chicago menolak diwawancarai.  Tetapi Ketua Lingkungan Hyde Park, Leslie Hairston, mengatakan sekolah itu sedang berkomunikasi dengan kantornya dan masyarakat setempat untuk menemukan cara agar proyek pembangunan dapat dilanjutkan, tetapi tetap menghormati warisan Ronald Reagan di daerah itu.
 
 “Kami telah mengadakan beberapa pertemuan dengan masyarakat tersebut dan mereka menemukan cara untuk tetap menghormati masa keberadaan Presiden Ronald Reagan disana.  Mereka akan meletakkan sebuah plakat disana,” ungkap Hairston.
 
Tetapi Hairston mengatakan presiden lain mungkin membayang-bayangi jejak Ronald Reagan di Hyde Park, yaitu Presiden Barack Obama yang tinggal disana sebelum dilantik 2009 dan mungkin akan memilih pemukiman tersebut sebagai kediamannya untuk diabadikan dalam perpustakaan presiden pada masa mendatang.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook