Sabtu, 01 Agustus 2015 Waktu: 06:27

Berita / AS / Pemilu AS

Romney Mulai Kejar Obama dalam Jajak Pendapat

Sebuah jajak pendapat nasional terbaru menunjukkan calon Presiden Partai Republik, Mitt Romney mulai mengejar Presiden Barack Obama menjelang pemilu presiden November mendatang.

Mitt Romney menyalami para pendukungnya dalam sebuah kampanye di Boston (foto: dok). Romney mulai mengejar ketinggalan dari Obama dalam jajak pendapat terakhir.
Mitt Romney menyalami para pendukungnya dalam sebuah kampanye di Boston (foto: dok). Romney mulai mengejar ketinggalan dari Obama dalam jajak pendapat terakhir.

Artikel Terkait

Obama dan Romney Mulai Saling Serang dalam Kampanye

Peringatan satu tahun tewasnya pemimpin al-Qaida telah dimanfaatkan oleh Presiden Obama dalam iklan kampanye untuk menyerang kandidat Partai Republik, Mitt Romney.
Tony Hotland
Mitt Romney di depan pendukungnya awal minggu ini di New Hamsphire mengatakan, jika terpilih menjadi presiden Amerika, ia berjanji akan menjadi presiden yang pro usaha kecil dan berjuang bagi pengusaha kecil.

Mantan gubernur negara bagian Massachusetts dan mantan pengusaha itu bisa dipastikan menjadi calon Partai Republik, setelah mundurnya dua saingannya yang utama Rick Santorum dan Newt Gingrich. Seorang kontestan lain yang masih berkampanye, anggota Kongres dari Texas Ron Paul, jauh tertinggal dalam perolehan dukungan pemilih Partai Republik.

Situasi ini menaikkan pamor Romney dalam berhadapan dengan Obama, seperti tampak pada hasil jajak pendapat terbaru hari Kamis oleh Universitas Quinnipiac di tiga negara bagian yaitu Ohio, Florida dan Pennsylvania. Ketiganya adalah swing state atau negara bagian yang harus dimenangkan dalam pemilu presiden.

Sejarah menunjukkan tidak seorangpun calon presiden berhasil masuk ke Gedung Putih tanpa memenangkan dua di antara tiga negara bagian itu.

Jajak pendapat diadakan 25 April hingga 1 Mei 2012, dan menggunakan lebih dari 1.100 responden di tiap negara bagian. Hasilnya menunjukkan Romney mengejar Obama di Florida dan Ohio, tapi tertinggal di Pennsylvania. Kurang dari sebulan lalu, survei yang sama masih mendapati Obama unggul di ketiga negara bagian tersebut.

Di Ohio, 44 persen responden memilih Obama dibandingkan dengan 42 persen bagi Romney. Ini adalah kenaikan empat poin bagi Romney. Di Florida, jajak pendapat menunjukkan Romney unggul tipis 44 persen dibandingkan dengan 43 persen bagi Obama. Ini adalah peningkatan enam poin bagi Romney.

Penyelenggara jajak tersebut, Peter Brown, mengatakan tidak adanya saingan yang berarti bagi Romney dalam meraih pencalonan partai membuat pemilih makin menyatu. Brown juga mengatakan meningkatnya pamor Romney tampak didorong oleh rasa ketidakpuasan pemilih mengenai cara pemerintahan Obama mengatasi krisis ekonomi.

“Kita butuh presiden yang memahami kekuatan pasar. Saya mengerti, dan kalau jadi presiden saya akan pastikan itu menjadi bagian dari masa depan kita,” tegas Romney.

Berimbang di Ohio dan Florida, Obama memperbesar keunggulannya di Pennsylvania sebesar delapan poin dengan 47 persen. Ini adalah kenaikan tiga poin dari akhir Maret.

Ada kabar baik bagi Obama. Survei terbaru oleh kantor berita Associated Press atas 32 ekonom terkemuka menunjukkan angka pengangguran bisa turun di bawah delapan persen pada hari pemilu.

Kedua calon pekan ini terus berkampanye. Hari Senin di Washington, Presiden Obama berbicara di hadapan AFL-CIO, federasi serikat buruh terbesar Amerika yang terdiri dari 56 serikat buruh nasional dan internasional dan mewakili lebih dari 11 juta buruh.

Obama mengatakan, “Dalam setahun ini, saya telah mengirim Kongres serangkaian RUU penciptaan lapangan kerja agar orang bisa bekerja. Tetapi berulang kali Partai Republik bersatu dan menolaknya. Mereka lebih memilih hanya sedikit buruh bekerja membangun kembali Amerika daripada mengenakan pajak tambahan bagi para milyarder.”

Hari Rabu, Romney berkampanye di negara bagian Virginia dengan fokus pada lapangan kerja dan ekonomi, setelah beberapa hari ini terpusat pada perang di Afghanistan dan peringatan tahun pertama kematian Osama bin Laden.

Partai Republik akan menggelar konvensi peresmian calon presiden bulan Agustus di Florida, disusul Partai Demokrat sebulan kemudian di North Carolina. Pemilu presiden akan digelar 6 November.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...  
🔇
X
  • Bulan purnama yang dikenal dengan nama Bulan Biru, terlihat di samping Patung Liberty di New York. Bulan Biru adalah bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan, sesuatu yang sangat jarang terjadi.
  • Warga setempat menampilkan berbagai atraksi sebelum pengumuman tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022, di sebuah lapangan di kabupaten ​Chongli, provinsi ​Zhangjiakou, yang juga akan menjamu peserta Olimpiade bersama dengan Beijing. Beijing menjadi kota pertama yang pernah dipilih untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas, dan kini, Olimpiade Musim Dingin.
  • Angelina Jolie, kanan, memberi hormat kepada para biksu cilik Budha saat tiba di sebuah biara untuk bertemu dengan pemimpin agama dari Kelompok Lintas Agama Myanmar di Yangon. Aktris Hollywood ini tiba di Myanmar untuk kunjungannya ke negara ini, Kamis, untuk mempelajari lebih lanjut situasi di negara ini dan mengimbau upaya membangun masa depan yang damai dan mengikutsertakan semua rakyatnya.
  • Seorang pria Palestina menginspeksi sebuah rumah yang hancur akibat serangan yang diduga dilakukan oleh kelompok ekstremis Yahudi di desa Dima dekat Tepi Barat di kota Nablus. Kebakaran di sebuah rumah menewaskan seorang bayi 18 bulan dan melukai sejumlah orang lainnya, sebuah tindakan yang disebut oleh perdana menteri Israel sebagai aksi terorisme.
  •  ​Tania Cagnotto dari Italia terlihat di bawah air pada nomor pertandingan semifinal loncat indah ​dalam Kejuaraaan Dunia Olahraga Air di Kazan, Rusia.
  • Lava mengalir dari gunung berapi ​Piton de la Fournaise di pulau Reunion di Samudera India. ​Piton de la Fournaise mulai meletus pukul 10 pagi waktu setempat.
  • Seorang pria Nepal berdiri di sebuah jembatan yang hanyut oleh banjir di T​hulakhet, dekat Pokhara di Nepal.
  • Matahari bersinar di tengah asap dari kebakaran hutan di Lower Lake, California. Lebih dari 900 pemadam kebakaran berupa memadamkan api yang membakar wilayah seluas lebih dari 6.000 hektar sejak kebakaran dimulai hari Rabu. 
  • Seorang petugas TPS menanti pemilih di ​ Antananarivo dalam pemilu daerah di Madagaskar. Sekitar ​1.695 kelompok akan menyalurkan suara mereka untuk memilih walikota dan anggota dewan setempat, sebuah ujian bagi Presiden ​Hery Rajaonarimampianina yang mungkin akan mendapati lawan-lawan politiknya memenangkan kursi walikota di ibukota negara kepulauan ini.
  • Model-model memperagakan hasil karya desainer Anju Modi pada Pekan ​Amazon India Couture 2015 di New Delhi, India.
  • Seorang perempuan berdiri di paviliun Britania Raya pada Expo 2015 di Rho, dekat Milan, Italia.
  • Anjing gembala Glenn mengejar seekor domba Suffolk campuran di tengah ujian nasional bagi anjing gembala Welsh di ​Llanvetherine, Wales.
  • Balon udara panas terbang di atas pangkalan udara Chambley, Perancis timur laut, pada festival internasional balon udara panas di Hageville.
  • Seorang anak perempuan bermain di dalam mulut dinosaurus pada pembukaan Taman Dinosaurus di Minsk, Belarusia.
Galeri Foto

Galeri Foto 31 Juli 2015

Video

Video Pramuka AS Cabut Larangan untuk Gay Jadi Anggota Pramuka

Keputusan Organisasi Pramuka AS mencabut larangannya terhadap komunitas gay yang ingin bergabung menuai respon. Pramuka di tingkat lokal yang berhubungan dengan kelompok religious akhirnya diberikan kebebasan untuk mengambil keputusan dalam menentukan keterlibatan gay dalam aktivitas mereka.
Video

Video Pencucian Dana Haram Lewat Pasar Properti London

Milyaran dolar uang haram hasil kejahatan, terutama dari Rusia, dipakai dalam pencucian uang melalui pasar properti di London, Inggris, menurut kalangan aktivis anti-korupsi. Pemerintah Inggris sendiri telah menyatakan tekadnya untuk membasmi praktek pencucian uang melalui properti itu.
Video

Video Betsy Cory, Perenang Olimpiade Tuna Grahita AS

Olimpiade Khusus Penyandang Cacat Tuna Grahita berlangsung bulan Juli di Los Angeles. Enam ribu lima ratus atlet dari 135 negara berlaga, termasuk Betsy Cory, perenang Amerika yang bertanding di nomor gaya punggung, bebas dan estafet. Simak cerita Betsy seputar kompetisi internasional berikut ini.
Video

Video 35 Korban Bill Cosby di Sampul Majalah New York

Majalah New York jadi Trending Topic di AS karena sampulnya menampilkan 35 perempuan yang mengaku jadi korban Bill Cosby.
 Aktivitas di Facebook