Rabu, 23 Juli 2014 Waktu UTC: 13:57

Berita / AS / Pemilu AS

Romney Kritik Gedung Putih terkait Serangan atas Kedubes AS di Kairo

Romney mengatakan pemerintahan Obama keliru mengeluarkan pernyataan yang menurutnya, bersimpati pada mereka yang menyerbu kedutaan AS di Kairo, bukannya mengecamnya.

Capres Partai Republik, Mitt Romney menyalahkan reaksi pemerintahan Obama atas serangan terhadap Kedutaan AS di Kairo (foto: dok).
Capres Partai Republik, Mitt Romney menyalahkan reaksi pemerintahan Obama atas serangan terhadap Kedutaan AS di Kairo (foto: dok).
Kandidat presiden Amerika dari partai Republik Mitt Romney hari Rabu membela kritik sebelumnya terhadap pemerintahan Obama, terkait serangan-serangan terhadap pos-pos diplomatik Amerika di Libya dan Mesir pada hari Selasa.

Serangan terhadap kedutaan Amerika di ibukota Mesir, Kairo, dan konsulat Amerika di Benghazi, Libya, dikaitkan dengan video amatir yang dibuat di Amerika, yang dianggap umat Islam menghina Nabi Muhammad. Empat diplomat Amerika, termasuk Duta Besar Amerika untuk Libya J Christopher Stevens, tewas dalam serangan di Benghazi.

Sewaktu berbicara kepada wartawan di Jacksonville, Florida, hari Rabu, Romney mengatakan pemerintah keliru mengeluarkan pernyataan yang menurutnya, bersimpati pada mereka yang menerobos kedutaan Amerika di Mesir, bukannya mengecam tindakan mereka.

Setelah serangan itu, Kedutaan Amerika di Kairo mengeluarkan pernyataan yang mengutuk upaya-upaya orang-orang yang terpedaya untuk menyakiti perasaan umat Islam. Pernyataan kedutaan itu dilansir sebelum korban tewas di Libya diumumkan.
Selasa malam, Romney menyebut pernyataan kedutaan itu memalukan. Sebagai tanggapan, jurubicara kampanye Obama Ben LaBolt mengatakan ia terkejut dengan serangan politik kandidat partai Republik pada waktu Amerika menghadapi kematian tragis diplomatnya di Libya.

Hari Rabu, Romney membela kritik terdahulunya, dengan mengatakan pernyataan dari Kedutaan Amerika di Kairo serupa dengan permintaan maaf, salah perhitungan yang parah, dan tidak konsisten dengan prinsip-prinsip Amerika. Ia juga menyatakan serangan di Libya itu keterlaluan dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga keempat diplomat Amerika yang tewas.

Presiden Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton Rabu mengatakan bahwa tidak ada pembenaran bagi kekerasan tidak masuk akal yang menewaskan para diplomat Amerika di Libya dan mereka yang bertanggungjawab harus diajukan ke pengadilan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...
 
🔇
X
  • Presiden Indonesia terpilih Joko "Jokowi" Widodo mengangkat tangan saat menyampaikan pidato kemenangan, didampingi Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla, di atas kapal phinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa (22/7). (Reuters/Beawiharta)
  • Presiden Indonesia terpilih Joko "Jokowi" Widodo usai menyampaikan pidato kemenangan di atas kapal phinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa (22/7). (Reuters/Beawiharta)
  • Presiden Indonesia terpilih Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla menerima dokumen keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari Ketua KPU Husni Kamil (kanan) di Kantor KPU (22/7). (AP/Achmad Ibrahim)
  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pemenang Pilpres 2014 di Jakarta, Selasa (22/7).
  • Keluarga Joko Widodo di Solo melakukan syukuran.
  • Kandidat presiden Indonesia Joko Widodo berbicara dengan media dalam kunjungan ke Waduk Pluit menjelang pengumuman hasil pemilihan presiden 2014 (22/7). (AP/Dita Alangkara)
  • Kandidat presiden Indonesia Prabowo Subianto menyatakan menarik diri dan menolak hasil pemilihan presiden dalam konferensi pers di Jakarta (22/7). (AP/Achmad Ibrahim)
  • Polisi berjaga-jaga di luas kantor pusat Komisi Pemilihan Umum di Jakarta (22/7). (Reuters/Darren Whiteside)
  • Para pendukung presiden terpilih Joko Widodo memotong rambutnya sebagai bentuk perayaan di Surabaya (22/7). (AP/Trisnadi)
  • Para polisi menunggang kuda melewati kantor pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU) (22/7). (Reuters/Darren Whiteside)
  • Polisi beristirahat dekat kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang pengumuman hasil pemilihan presiden 2014 (22/7). (AP/Mark Baker)
Galeri Foto

Galeri Foto Joko Widodo-Jusuf Kalla Pemenang Pilpres 2014

Joko Widodo dideklarasikan sebagai pemenang pemilihan presiden 2014, Selasa (22/7), membawa janji reformasi besar di Indonesia.
Video

Video Jokowi Sampaikan Pidato Kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa

Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, menyampaikan pidato kemenangannya, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa malam (22/7). Jokowi menyampaikan pidato politik pertamanya, setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih untuk periode 2014 – 2019.
Video

Video Diaspora Indonesia di AS Sambut Kemenangan Jokowi-JK

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah menyampaikan pernyataan tertulis mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Joko Widodo. Sementara pendukung pasangan Jokowi-JK di AS juga menyampaikan kegembiraan mereka. Selengkapnya ikuti laporan tim VOA dari Washington, DC.
Video

Video Salam Idul Fitri dari Direktur VOA

Salam Idul Fitri dari Direktur VOA, David Ensor
Video

Video Liputan Ramadan: Buka Bareng Dubes Baru Indonesia untuk Amerika

Warga Indonesia di rantau, terutama di AS, tahun ini berpuasa selama kurang lebih 16 jam, karena jatuh pada musim panas. Tapi lamanya menahan lapar dan dahaga ini, terobati dengan sejuknya bersilaturahmi di acara buka puasa bersama dengan Dubes RI baru. Simak laporan tim VOA berikut ini.
 Aktivitas di Facebook