Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 03:27

Berita / Dunia / Eropa

Ribuan Hadiri Pemakaman 3 Aktivis Kurdi yang Tewas di Paris

Ribuan orang Kurdi berkumpul di Diyarbakir, Turki Selatan, untuk menghadiri pemakaman tiga aktivis Kurdi yang dibunuh pekan lalu di Paris, Perancis.

Ribuan warga Kurdi menghadiri pemakaman 3 aktivis Kurdi di kota Diyarbakir, Turki hari Kamis (17/1).
Ribuan warga Kurdi menghadiri pemakaman 3 aktivis Kurdi di kota Diyarbakir, Turki hari Kamis (17/1).
Orang-orang yang berkabung itu memenuhi jalan-jalan dan meneriakkan slogan-slogan mengenai solidaritas ketika mereka berjalan mengiringi kendaraan-kendaraan yang mengangkut peti-peti jenazah ketiga perempuan yang menjadi korban itu, yang diterbangkan ke Turki dari Perancis, Rabu.

Ketiga perempuan itu, Sakine Cansiz, Fidan Dogan dan Leyla Soylemez, ditemukan tewas tertembak, 10 Januari, di Pusat Informasi Kurdi di Paris. Cansiz adalah anggota pendiri Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK, sebuah kelompok terlarang yang berjuang mendirikan negara Kurdi yang memerintah sendiri di Turki Selatan.

Turki menduga, pembunuhan itu terkait negosiasi yang sedang berlangsung antara pemerintah Turki dan pemimpin PKK yang dipenjarakan, Abdullah Ocalan, sementara para aktivis Kurdi mengatakan, ini mungkin ulah para ekstremis Turki.

Menyusul prosesi pemakaman, jenazah ketiga perempuan korban pembunuhan itu akan dibawa ke kampung halaman mereka untuk dikuburkan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook