Rabu, 23 Juli 2014 Waktu UTC: 07:23

Berita / Dunia / Eropa

Peringati Ulang Tahun ke-90, BBC Dibayangi Krisis

BBC yang merayakan ulang tahun ke-90 dilanda berbagai krisis yang mengakibatkan mundurnya Direktur BBC dan membawa masa depan BBC penuh ketidakpastian.

Direktur Jenderal BBC, George Entwistle dan beberapa pejabat lainnya harus mundur dari jabatannya akibat salah tuduh terhadap seorang politisi Inggris ternama (foto: dok).
Direktur Jenderal BBC, George Entwistle dan beberapa pejabat lainnya harus mundur dari jabatannya akibat salah tuduh terhadap seorang politisi Inggris ternama (foto: dok).
Selah Hennessy
— Minggu ini menandai 90 tahun sejak BBC memproduksi siaran radio pertamanya pada tahun 1922. Tapi peringatan hari jadi yang penting itu dibayangi serangkaian krisis yang menimpa stasiun radio dan TV itu dalam beberapa minggu terakhir. Krisis terakhir mengakibatkan mundurnya Direktur BBC dan membawa masa depan badan yang didanai publik itu pada ketidakpastian.

Stewart Purvis adalah mantan pimpinan ITN, saingan BBC News. Ia mengatakan BBC saat ini menghadapi tantangan yang belum pernah dihadapinya dalam 90 tahun sejarahnya.

"Sepanjang sejarah BBC selalu ada aspek hubungan antara BBC dan pemerintah pada saat itu.  Ada beberapa kejadian sebelumnya dimana ada ketegangan. Ini bukan mengenai hubungan  itu tapi hubungan antara BBC dan pendengar serta pemirsanya. Itulah mengapa orang menganggap ini sebagai  krisis terbesar yang pernah dialami, ini adalah krisis kepercayaan," kata Purvis.

Krisis ini bermula pada bulan Oktober sewaktu tuduhan-tuduhan muncul atas penyiar BBC, Jimmy Savile. Polisi kini yakin  Savile mungkin melakukan pelecehan seksual pada 300 orang selama empat dekade termasuk peserta program BBC yang masih berusia di bawah umur. BBC telah dikecam karena tidak mengumumkan hasil penyelidikannya terhadap Savile.

Mantan penyiar ternama BBC, mendiang Jimmy Savile (kanan) - yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak - bersama patung lilinnya di Museum Madame Tussaud, London (foto: dok).Mantan penyiar ternama BBC, mendiang Jimmy Savile (kanan) - yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak - bersama patung lilinnya di Museum Madame Tussaud, London (foto: dok).
x
Mantan penyiar ternama BBC, mendiang Jimmy Savile (kanan) - yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak - bersama patung lilinnya di Museum Madame Tussaud, London (foto: dok).
Mantan penyiar ternama BBC, mendiang Jimmy Savile (kanan) - yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak - bersama patung lilinnya di Museum Madame Tussaud, London (foto: dok).
Kasus itu muncul ke permukaan pada tahun 2011 tidak lama setelah kematian Savile. BBC sebetulnya akan menyiarkan sebuah program mengenai tuduhan pelanggaran seksual terhadap penyiar itu. Tapi program itu dibatalkan dan sebaliknya BBC mengudarakan acara untuk menghormati  Savile.  Badan penyiaran komersial Inggris ITV menyiarkan tuduhan-tuduhan itu setahun kemudian.

Peristiwa-peristiwa itu menimbulkan pertanyaan mengenai pembuatan keputusan di BBC.

Kemudian awal bulan ini program beritanya Newsnight menyiarkan sebuah program yang menuduh seorang politisi Inggris melakukan pelecehan atas seorang anak. Kemudian terungkap politisi itu bukan orang yang dimaksud orang dan Newsnight segera menyampaikan permintaan maaf.

Purvis mengatakan kesalahan-kesalahan itu menunjukkan beberapa perubahan besar harus dilakukan di BBC.

Purvis menambahkan, "Saya rasa kenyataannya adalah jajaran pimpinan BBC saat ini tidak bisa melaksanakan pekerjaannya. Harus ada rejim baru di BBC dan kalau rejim itu bekerja dengan baik  BBC bisa meraih kembali kepercayaan publik."

Baru 54 hari menjabat sebagai Direktur Jenderal, George Entwistle mundur dari jabatannya. Kepala pemberitaan dan wakilnya juga mengundurkan diri.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook