Rabu, 23 April 2014 Waktu UTC: 09:14

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Puluhan Ribu Hadiri Kremasi Mendiang Raja Kamboja

Hari Senin (4/2), puluhan ribu warga Kamboja berkumpul di ibukota Phnon Penh untuk menghadiri kremasi mendiang Raja Norodom Sihanouk yang meninggal 15 Oktober lalu.

Puluhan ribu warga Kamboja berkabung untuk menghadiri upacara kremasi jenazah mendiang Raja Norodom Sihanouk, Senin di Phnom Penh (4/2).
Puluhan ribu warga Kamboja berkabung untuk menghadiri upacara kremasi jenazah mendiang Raja Norodom Sihanouk, Senin di Phnom Penh (4/2).
UKURAN HURUF - +
Puluhan ribu pelayat berkumpul di ibukota Kamboja hari Senin untuk menghadiri kremasi mendiang Raja Norodom Sihanouk - tokoh yang sangat dihormati yang secara luas dianggap sebagai bapak kemerdekaan Kamboja.

Jenasah mantan raja yang sudah dibalsem itu disemayamkan sejak ia meninggal karena gagal jantung dalam usia 89 tahun di Beijing tanggal 15 Oktober 2012.

Setelah matahari terbenam, janda Sihanouk Ratu Monineath dan putranya, Raja Norodom Sihamoni, terisak-isak ketika mereka menyalakan kayu bakar di dalam krematorium yang dibangun menyerupai kuil khusus untuk upacara itu di sebuah tempat dekat Istana Kerajaan.

Tembakan artileri dan suara mercon sebagai tanda kehormatan mengguncang massa yang berkumpul di jalan-jalan Phnom Penh. Setelah kremasi, Sihamoni membagi-bagikan hadiah kepada sekitar 400 tahanan yang dibebaskan dalam amnesti sebagai bagian dari masa berkabung bagi ayahnya.

Para tamu resmi termasuk Perdana Menteri Perancis Jean-Marc Ayrault, Pangeran Jepang Akishino dan beberapa pemimpin Asia Tenggara, yang membungkuk sebagai tanda hormat di depan peti mati berlapis emas itu.

Upacara pemakaman besar-besaran menurut agama Budha itu dimulai pekan lalu. Sebuah guci berisi abu Sihanouk akan disimpan di dalam istana.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook