Tautan-tautan Akses

Protes Damai Berlanjut di Ferguson


Protes damai di Ferguson, Missouri, di dekat lokasi Michael Brown ditembak.
Protes damai di Ferguson, Missouri, di dekat lokasi Michael Brown ditembak.

Jumlah demonstran berkurang hari Kamis di kota Ferguson di bagian tengah Amerika setelah Pasukan Garda Nasional Amerika ditarik dari kota yang telah diguncang oleh 12 hari kerusuhan setelah penembakmatian seorang remaja kulit hitam tak bersenjata.

Sekitar 100 orang berpawai di kota itu, dekat tempat Michael Brown ditembak oleh seorang polisi kulit putih pada tanggal 9 Agustus. Untuk malam kedua berturut-turut, tidak ada bentrokan besar terjadi antara polisi dan pengunjuk rasa, meskipun polisi melaporkan lima orang ditangkap.

Sebelumnya hari Kamis, Gubernur Missouri Jay Nixon memerintahkan penarikan Pasukan Garda Nasional karena situasi "telah sangat membaik dengan lebih sedikit insiden yang dipicu penghasut luar yang mengacaukan para pemrotes damai, dan lebih sedikit tindak kekerasan."

Lebih dari 150 orang telah ditangkap di Ferguson sejak aksi protes dimulai, terutama karena tidak mau bubar atas permintaan polisi.

Di Washington, Jaksa Agung AS Eric Holder meyakinkan pengunjuk rasa bahwa penyelidikan hak-hak sipil federal mengenai penembakan itu bergerak maju.

Holder mengatakan perjalanan singkat sehari sebelumnya ke Missouri untuk berbicara dengan warga dan petugas kepolisian mempengaruhi dirinya seperti beberapa peristiwa lain selama ia menjabat kepala Departemen Kehakiman.

Holder mengatakan jelas bahwa penembakan itu "mengangkat ketegangan yang ada ke permukaan "di kota di mana Michael Brown yang berusia 18 tahun tewas.

XS
SM
MD
LG