Rabu, 26 Nopember 2014 Waktu UTC: 18:31

Berita / Dunia / Timur Tengah

Presiden Assad Tuduh Israel Lancarkan Serangan atas Suriah

Presiden Bashar al-Assad hari Minggu menuduh Israel melancarkan serangan atas negerinya dan mengatakan pasukannya bisa menghadapi tiap agresi dari luar.

Presiden Suriah Bashar al-Assad saat menerima Ketua Dewan Keamanan Nasional Iran, Saeed Jalili di Damaskus (foto: dok). Iran berjanji memberikan dukungan penuh bagi rakyat Suriah.
Presiden Suriah Bashar al-Assad saat menerima Ketua Dewan Keamanan Nasional Iran, Saeed Jalili di Damaskus (foto: dok). Iran berjanji memberikan dukungan penuh bagi rakyat Suriah.
Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan hal itu hari Minggu (3/2) dalam pertemuan dengan Ketua Dewan Keamanan Nasional Iran, Saeed Jalili, yang berjanji memberikan dukungan penuh bagi rakyat Suriah.

Pemerintah Israel untuk pertama kalinya membuat pernyataan terbuka tentang serangan udara yang terjadi di Suriah, tanpa secara langsung mengakui bahwa serangan itu dilakukan Israel.

Sumber-sumber Amerika dan pejabat di kawasan mengatakan, pesawat tempur Israel menyerang sebuah konvoi kendaraan bermotor Suriah hari Rabu, yang katanya membawa senjata-senjata anti serangan udara, kemungkinan untuk diberikan kepada kelompok militan Hezbollah di Lebanon.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan hari Minggu dalam konferensi keamanan di Munich, serangan udara itu adalah bukti bahwa apabila “kami mengatakan sesuatu, kami tidak main-main.” Kami mengatakan, kata Ehud Barak, bahwa Suriah tidak bisa dibiarkan mengirim senjata ke Lebanon.

Pers resmi Suriah memberikan laporan yang berbeda tentang serangan udara itu, yang katanya ditujukan pada fasilitas riset militer Jamraya yang terletak di luar kota Damaskus. Ali Abdul-karim ali, Dutabesar Suriah untuk Libanon mengatakan, pemerintahnya punya pilihan untuk melancarkan balasan atas serangan Israel itu, tapi tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Pejabat-pejabat Israel belakangan ini telah memperingatkan bahwa apabila Hezbollah memperoleh misil-misil darat ke udara dari Suriah, konflik di Timur Tengah akan bertambah luas.

Anggota DPR Israel Tzahi Hanegby mengatakan, Israel sebetulnya menghendaki negara-negara Barat bertindak untuk mengontrol pemilikan senjata-senjata seperti itu, tapi dunia internasional tampaknya tidak mau bertindak sehingga Israel harus mencari cara sendiri untuk menyelesaikan masalah itu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook