Selasa, 31 Mei 2016 Waktu: 21:09

    Berita / Dunia

    Presiden Mesir Serukan Persatuan Nasional

    Presiden Mesir Mohammed Morsi menyerukan kepada warga Mesir untuk bekerja sama membangun kembali negara itu.

    Presiden Mesir Mohammed Morsi berpidato di depan majelis tinggi parlemen yang baru bersidang di Kairo (29/12). (Foto: AP)
    Presiden Mesir Mohammed Morsi berpidato di depan majelis tinggi parlemen yang baru bersidang di Kairo (29/12). (Foto: AP)

    Multimedia

    Dalam pidato di hadapan majelis tinggi parlemen yang baru bersidang Sabtu (29/12), Presiden Mohammed Morsi mengatakan inilah saatnya bagi Mesir untuk memusatkan perhatian pada “kerja, keseriusan dan upaya”.

    Presiden Morsi mengumumkan rencana-rencana untuk menciptakan lapangan kerja dan investasi di berbagai kawasan seperti Terusan Suez dan Sinai.

    Aksi demonstrasi dan kekerasan dalam beberapa pekan ini telah memperburuk ekonomi yang sudah dilanda krisis sejak jatuhnya Hosni Mubarak pada 2011.

    Kerusuhan sebagian dipicu oleh rancangan konstitusi yang digagas kelompok Islam yang disetujui oleh parlemen bulan lalu dan disahkan dalam referendum.

    Dalam pidatonya, Presiden Morsi membela konstitusi baru tersebut dengan mengatakan undang-undang dasar itu menjamin kesetaraan hak bagi semua.

    Beberapa hari lalu Presiden Morsi menandatangani sebuah dekrit yang memberlakukan konstitusi tersebut, setelah para pejabat Komisi Pemilihan Umum Mesir mengatakan hampir 64 persen pemilih dalam jajak pendapat bulan ini mendukung UUD tersebut.

    Kelompok Persaudaraan Muslim (Ikhawanul Muslimin), bekas afiliasi Presiden Morsi, mendukung konstitusi baru tersebut.  Namun anggota-anggota kelompok liberal, sekuler dan Kristen yang beroposisi khawatir konstitusi baru itu akan mengikis kebebasan sipil karena meningkatkan peran hukum Islam dan sama sekali tidak membahas tentang hak-hak perempuan.

    Lihat Juga

    Moskow Kecam Rencana NATO Perkuat Pertahanan di Eropa Timur dan Baltik

    Seorang utusan Rusia untuk NATO di Brussels menuduh kelompok itu beralih ke metode Perang Dingin. Selengkapnya

    Calon Mahasiswa Kerjakan Ujian Masuk PTN Berbasis Komputer

    Lebih dari 1 juta calon mahasiswa memperebutkan ribuan kursi mahasiswa berbagai universitas negeri di Indonesia. Selengkapnya

    Pemkab Poso Imbau Santoso dan Kelompoknya Menyerah

    Pemerintah Kabupaten Poso mengatakan siap memfasilitasi jika Santoso dan kelompoknya ingin menyerahkan diri. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami