Sabtu, 19 April 2014 Waktu UTC: 14:30

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Presiden ADB Calon Kuat Direktur Bank Sentral Jepang

Presiden Bank Pembangunan Asia Haruhiko Kuroda merupakan kandidat utama pemimpin bank sentral Jepang dengant tugas memperbaiki ekonomi.

Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Haruhiko Kuroda dalam konferensi ADB-IMF di Bangkok, 2012. (Foto: Dok)
Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Haruhiko Kuroda dalam konferensi ADB-IMF di Bangkok, 2012. (Foto: Dok)
UKURAN HURUF - +
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kini dikatakan siap mencalonkan Haruhiko Kuroda, Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk memimpin bank sentral Jepang dan sebagai ujung tombak langkah menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi ketiga terbesar di dunia itu.

Gubernur bank sentral Jepang saat ini, Masaaki Shirakawa, akan mengundurkan diri pada 19 Maret, tiga minggu sebelum masa jabatannya berakhir. Perdana Menteri Abe bermaksud untuk secara resmi mengusulkan calon pengganti kepada parlemen pekan ini agar  memungkinkan suksesi yang  lancar, kata juru bicara pemerintah Yoshihide Suga.

Suga tidak bersedia mengkonfirmasi laporan bahwa Kuroda adalah kandidat utama. Ia mengatakan, belum ada keputusan resmi.

Kuroda, 67, adalah mantan wakil menteri keuangan Jepang ulusan Universitas Oxford yang selama ini mengecam kebijakan bank sentral Jepang pada masa lampau. Ia dianggap akan mendukung upaya Abe menghidupkan kembali ekonomi Jepang dengan cara memerangi deflasi melalui pelonggaran moneter dan pengeluaran pemerintah dalam julah sangat besar.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook