Tautan-tautan Akses

Presiden ADB Calon Kuat Direktur Bank Sentral Jepang


Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Haruhiko Kuroda dalam konferensi ADB-IMF di Bangkok, 2012. (Foto: Dok)
Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Haruhiko Kuroda dalam konferensi ADB-IMF di Bangkok, 2012. (Foto: Dok)

Presiden Bank Pembangunan Asia Haruhiko Kuroda merupakan kandidat utama pemimpin bank sentral Jepang dengant tugas memperbaiki ekonomi.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kini dikatakan siap mencalonkan Haruhiko Kuroda, Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk memimpin bank sentral Jepang dan sebagai ujung tombak langkah menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi ketiga terbesar di dunia itu.

Gubernur bank sentral Jepang saat ini, Masaaki Shirakawa, akan mengundurkan diri pada 19 Maret, tiga minggu sebelum masa jabatannya berakhir. Perdana Menteri Abe bermaksud untuk secara resmi mengusulkan calon pengganti kepada parlemen pekan ini agar memungkinkan suksesi yang lancar, kata juru bicara pemerintah Yoshihide Suga.

Suga tidak bersedia mengkonfirmasi laporan bahwa Kuroda adalah kandidat utama. Ia mengatakan, belum ada keputusan resmi.

Kuroda, 67, adalah mantan wakil menteri keuangan Jepang ulusan Universitas Oxford yang selama ini mengecam kebijakan bank sentral Jepang pada masa lampau. Ia dianggap akan mendukung upaya Abe menghidupkan kembali ekonomi Jepang dengan cara memerangi deflasi melalui pelonggaran moneter dan pengeluaran pemerintah dalam julah sangat besar.

Recommended

XS
SM
MD
LG