Kamis, 31 Juli 2014 Waktu UTC: 11:26

Berita / Dunia / Afrika

Polisi Afrika Selatan Ganti Penyidik Kasus Pistorius

Polisi Afrika Selatan telah mengganti detektif utama dalam kasus pembunuhan Oscar Pistorius setelah terungkap detektif itu sendiri kini menghadapi tuduhan berat.

Detektif  Hilton Botha tidak lagi menangani  kasus pembunuhan bintang Olimpiade Oscar Pistorius, setelah terungkap ia pernah dikenai tuduhan tujuh upaya pembunuhan (foto: dok).
Detektif Hilton Botha tidak lagi menangani kasus pembunuhan bintang Olimpiade Oscar Pistorius, setelah terungkap ia pernah dikenai tuduhan tujuh upaya pembunuhan (foto: dok).
Polisi hari Kamis mengatakan detektif  Hilton Botha tidak lagi menangani  kasus itu setelah terungkap telah dikenai tuduhan tujuh upaya pembunuhan. Semua tuduhan itu sempat dibatalkan tapi kemudian diajukan kembali,  terkait insiden tahun 2011 dimana ia dan dua petugas lainnya diduga melepaskan tembakan ke arah minibus.

Vinesh Moonoo, detektif yang tertinggi pangkatnya dalam satuan polisi nasional Afrika Selatan akan mengambil alih kasus itu.

Botha bersaksi lagi pada hari ketiga sidang tahanan luar bagi Pistorius yang dituduh membunuh pacarnya Reeva Steenkamp di rumahnya di Pretoria.

Sidang itu berakhir tanpa keputusan hakim dan Pistorius kembali menginap dalam tahanan polisi.

Pengacara Barry Roux menekankan argumentasinya bahwa penembakan Steenkamp oleh Pistorius merupakan kecelakaan bukan pembunuhan yang direncanakan. Ia juga mengatakan pihak penyelidik telah  mengumpulkan bukti-bukti lemah terhadap Pistorius.

Hakim itu awal minggu ini mengatakan ia tidak bisa mengesampingkan pembunuhan yang direncanakan dalam kasus ini tapi mengatakan kasus itu mungkin diturunkan tingkatnya. Pembunuhan yang direncanakan diancam dengan hukuman penjara  seumur hidup.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook