Kamis, 23 Oktober 2014 Waktu UTC: 09:23

Berita / Dunia / Asia Pasifik

PM Baru Jepang Kunjungi Fukushima

Perdana Menteri baru Jepang Shinzo Abe, Sabtu (29/12) mengunjungi instalasi nuklir Dai-Ichi di Fukushima yang mengalami kerusakan akibat tsunami.

Perdana Menteri baru Jepang, Shinzo Abe (tengah), berbincang dengan pekerja di Pusat Operasi Darurat Tokyo Electric Power Co.(TEPCO) di PLTN Okuma, Fukushima, Jepang (29/12).
Perdana Menteri baru Jepang, Shinzo Abe (tengah), berbincang dengan pekerja di Pusat Operasi Darurat Tokyo Electric Power Co.(TEPCO) di PLTN Okuma, Fukushima, Jepang (29/12).
Dengan mengenakan peralatan pelindung, Abe melakukan lawatan dengan bis  ke instalasi yang menjadi lokasi kecelakaan nuklir terburuk sejak bencana Chernobyl pada 1986 itu. Ia juga menyalami para pekerja di pusat operasi darurat di Okuma, di pantai timur laut Jepang.

Reaktor-reaktor nuklir Jepang berhenti dioperasikan untuk pemeriksaan ulang pasca bencana lelehnya batangan nuklir di Fukushima. Kini hanya dua dari 50 reaktor Jepang yang masih beroperasi.

Pemerintahan Abe sedang mempertimbangkan kembali rencana untuk menghentikan pemanfaatan energi nuklir, sementara Pemerintah sebelumnya, yang dipimpin Partai Demokrat Jepang, telah berjanji untuk menghentikan pemanfaatan energi nuklir menjelang tahun 2040 dengan mempensiunkan reaktor-reaktor yang menua dan tidak menggantinya dengan yang baru. 

Namun, Partai Demokrat Liberal Abe, yang meraih kembali kekuasaan melalui pemilu bulan ini, mengatakan, pemerintah berencana untuk menggunakan waktu selama 10 tahun mempelajari beragam energi yang sesuai dengan negara itu. Abe juga mengatakan, ia mungkin mempertimbangkan kembali keputusan pemerintah sebelumnya untuk berhenti membangun reaktor.

Sikap yang lebih mendukung pengoperasian lebih banyak instalasi nuklir mendapat dukungan para pemimpin bisnis yang mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya kekurangan energi dan melonjak harga energi. Harga impor gas alam cair Jepang kini melambung tinggi.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook