Sabtu, 29 Nopember 2014 Waktu UTC: 07:23

Berita / AS

Piala Oscar 2013 Terbagi Rata

Tidak seperti tahun-tahun lalu di mana sebuah film bisa memborong sampai 11 penghargaan, piala Oscar kali ini terbagi rata antara film yang dinominasikan.

Sutradara dan produser Ben Affleck (kiri) serta tim film "Argo" termasuk aktor/produser George Clooney (kanan), menerima penghargaan film terbaik. (Foto: AP)
Sutradara dan produser Ben Affleck (kiri) serta tim film "Argo" termasuk aktor/produser George Clooney (kanan), menerima penghargaan film terbaik. (Foto: AP)

Multimedia

Piala Oscar 2013 terbagi rata antara film-film yang dinominasikan. “Argo” menjadi film terbaik dan meraih dua penghargaan lain, namun “Life of Pi” mendapat empat piala atau yang terbanyak, termasuk kejutan bagi Ang Lee yang meraih piala untuk sutradara terbaik."Les Miserables" mendapat tiga Academy Awards, sementara "Django Unchained" dan "Skyfall" masing-masing mendapat dua penghargaan.

“Argo,” film mengenai krisis sandera di Iran, telah memenangkan hadiah tertinggi Academy Awards hari Minggu di Los Angeles, dengan mengalahkan “Lincoln,”  yang tadinya diperkirakan kalangan luas akan menang. Selain film terbaik, “Argo” mendapat Oscar untuk naskah adaptasi terbaik dan penyuntingan terbaik. Sutradara Ben Affleck anehnya tidak mendapat nominasi sutradara terbaik, namun sebagai salah satu produser ia naik ke atas panggung untuk menerima piala film terbaik bersama George Clooney dan Grant Heslov. Affleck mendapat piala Oscar 15 tahun lalu bersama sahabatnya Matt Damon untuk film mereka “Good Will Hunting”.

Ibu negara Michelle Obama melakukan penampilan yang di luar dugaan dari Gedung Putih menjelang akhir upacara tersebut. Dia memuji film-film yang dinominasi dalam kategori film terbaik dengan mengatakan “film-film tersebut membuat kita tertawa dan mencucurkan air mata” sebelum mengumumkan pemenangnya “Argo”.

Daniel Day Lewis memenangkan Oscar sebagai aktor terbaik atas perannya sebagai Abraham Lincoln dalam film “Lincoln". Jennifer Lawrence terjatuh di tangga panggung ketika ia menaikinya untuk menerima hadiah Oscar atas akting terbaik untuk film “Silver Linings Playbook.”

Ang Lee mengucapkan terima kasih kepada “dewa film”  ketika ia mengalahkan Steven Spielberg dengan filmnya “Lincoln” untuk memenangkan hadiah sutradara terbaik atas filmnya “The Life of Pi.”

Christoph Waltz merupakan sedikit kejutan setelah disebut sebagai pemenang aktor pendukung terbaik dalam film Quentin Tarantino “Django Unchained,” menambah piala yang ia menangkan tiga tahun lalu untuk "Inglorious Basterds,” juga karya Tarantino.

Film "Zero Dark Thirty" tentang pengejaran Osama bin Laden mendapat satu piala untuk penyuntingan suara, sementara "Skyfall" mendapat lagu terbaik.

Acara penghargaan yang berjalan selama tiga setengah jam itu dihiasi banyak nyanyian dan tarian, termasuk penampilan pembawa acara Seth MacFarlane dan Barbra Streisand. Dikenal untuk humornya yang provokatif, MacFarlane melayangkan lelucon mengenai Mel Gibson, George Clooney, Chris Brown dan Rihanna.

Namun salah satu humor terlucu dengan referensi budaya pop barangkali datang dari Day-Lewis. Saat menerima piala dari aktris serba bisa Meryl Streep, ia mengatakan dengan wajah datar bahwa ia seharusnya bermain sebagai Margaret Thatcher “dan Meryl merupakan pilihan pertama untuk Lincoln. Waktu saya akhirnya mendapat peran tersebut, syarat dari saya adalah bahwa itu bukan film musikal.”
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook