Tautan-tautan Akses

Petugas Imigrasi AS Gerebek 20 'Hotel Bersalin' di California


Agen federal memasuki sebuah kompleks apartemen yang diduga oleh aparat digunakan sebagai tempat bersalin oleh perempuan hamil yang berkunjung dari luar negeri di Irvine, California (3/3).
Agen federal memasuki sebuah kompleks apartemen yang diduga oleh aparat digunakan sebagai tempat bersalin oleh perempuan hamil yang berkunjung dari luar negeri di Irvine, California (3/3).

Agen federal menyerbu sekitar 20 lokasi di California bagian selatan pada hari Selasa (3/3) yang dicurigai sebagai bagian dari skema "turisme bersalin" yang menawarkan jasa travel dan penginapan bagi perempuan-perempuan hamil dari luar negeri yang ingin melahirkan bayi mereka di Amerika Serikat, menurut petugas imigrasi AS.

Penegak hukum mengatakan "hotel-hotel bersalin" ini menarget perempuan-perempuan dari China yang membayar $15.000 hingga $50.000, tergantung pada layanan yang disediakan, dengan harapan anak-anak mereka bisa mendapatkan kewarganegaraan AS.

Lokasi penyergapan termasuk di antaranya berada di Los Angeles, Orange County dan San Bernardino County yang dicurigai menampung klien dari luar negeri, menurut sebuah pernyataan oleh petugas imigrasi dan Badan Penegakan Bea Cukai (ICE).

Tidak ada yang ditahan atas tuduhan kriminal pada penggerebekan Selasa, yang dilakukan oleh agen federal bersama dengan penegak hukum lokal.

Konstitusi Amerika Serikat memberikan kewarganegaraan bagi siapa pun yang dilahirkan di wilayah AS, tanpa memandang siapa orang tua mereka, dan pakar imigrasi mengatakan tidaklah ilegal bagi perempuan yang datang dari luar negeri untuk melahirkan anak mereka di Amerika Serikat.

Namun penyelidik mencari bukti yang terkait dengan pelanggaran kriminal terkait visa dan penipuan pajak, pencucian uang dan konspirasi, menurut para pejabat imigrasi.

Para perempuan yang berada di lokasi saat penggerebekan akan diwawancara oleh aparat, dan mereka yang diidentifikasi sebagai saksi material akan diperintahkan untuk melapor untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lanjutan, ujar ICE.

Bisnis "turisme bersalin" bertumbuh selama beberapa tahun terakhir, mengandalkan promosi lewat website, surat kabar dan media sosial.

Penyelidikan-penyelidikan sebelumnya mengungkap para klien membayar layanan tersebut sebelum melahirkan.

Sebagai bagian dari paket layanan, para klien dijanjikan akan menerima nomor Jaminan Sosial dan paspor AS untuk bayi mereka -- dokumentasi yang akan dibawa oleh para ibu saat kembali ke negara mereka, kata ICE.

Begitu anak-anak ini mencapai usia dewasa, sebagai warga negara Amerika, mereka akan melamar visa bagi anggota keluarga mereka di luar Amerika.

Paket-paket yang lebih mahal juga menawarkan "aktivitas rekreasi, seperti kunjungan ke Disneyland, pusat-pusat perbelanjaam dan bahkan kunjungan ke lapangan tembak," menurut ICE.

'Hotel-hotel bersalin' ini mengundang perhatian publik di California, banyak komunitas di Los Angeles dan sekitarnya melaporkan munculnya fasilitas-fasilitas seperti ini di daerah tempat tinggal mereka, mengakibatkan kekhawatiran mengenai sanitasi dan isu-isu lainnya.

XS
SM
MD
LG