Rabu, 16 April 2014 Waktu UTC: 04:31

Berita / Iptek / Teknologi

Petinggi Google Akan Kunjungi Korut

Petinggi Google Eric Schmidt akan berkunjung ke Korea Utara, negara yang dikenal memiliki kebijakan Internet paling ketat di dunia.

Ketua dewan direksi Google, Eric Schmidt, saat menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. (Foto: Dok)
Ketua dewan direksi Google, Eric Schmidt, saat menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. (Foto: Dok)
UKURAN HURUF - +
— Ketua dewan direksi Google, Eric Schmidt, akan berkunjung ke Korea Utara dalam misi kemanusiaan swasta yang dipimpin oleh mantan gubernur negara bagian New Mexico, Bill Richardson, paling awal bulan ini, menurut sumber kantor berita Associated Press, Rabu (2/1).

Perjalanan tersebut akan mejadi yang pertama bagi eksekutif Google, mesin pencarian Internet terbesar di dunia, ke negara yang dianggap memiliki kebijakan Internet yang paling ketat di planet ini.

Dalam pidato tahun barunya Senin (31/12), pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut negara tersebut sedang ada di tengah “revolusi industri” zaman modern. Ia mendorong sains dan teknologi sebagai jalan menuju pembangunan ekonomi untuk negara miskin tersebut, dan berencana menyediakan komputer di setiap sekolah dan mesin digital untuk setiap pabrik.

Meski demikian, akses terbuka terhadap Internet untuk setiap warga negara bukanlah bagian dari strategi Korea Utara. Meski sejumlah warga dapat mengakses layanan Intranet domestik, sangat jarang ada yang memiliki izin secara bebas mengakses Internet.

Menurut Victor Cha, mantan spesialis Asia senior pada pemerintahan Presiden George W. Bush, sepertinya tidak mungkin Google akan mendorong peluncuran bisnis di Korea Utara.

“Barangkali yang paling menarik dari kunjungan ini adalah semata-mata ide itu,” ujar Cha, analis di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington. Kim Jong Un “jelas memiliki ketertarikan tinggi terhadap hal-hal berbau modern. Jika Google merupakan langkah kecil pertama dalam memecahkan gelembung informasi di Pyongyang, hal ini bisa menjadi perkembangan yang sangat menarik.”

Schmidt sendiri merupakan advokat yang vokal bagi penyediaan akses dan teknologi Internet bagi semua orang di dunia. Sebagai direktur eksekutif Google selama satu dekade sampai 2011, Schmidt memimpin Google tumbuh dari peruhahaan baru kecil yang fokus untuk membantu pengguna mencari sesuatu di Internet, menjadi raksasa teknologi global dengan merambah pasar telepon selular dan pemetaan.

Google sekarang memiliki kantor di lebih dari 40 negara, termasuk semua tetangga Korea Utara: Rusia, Korea Selatan dan Tiongkok, negara lain yang dikritik karena sensor Internet yang sistematik.

Tahun lalu, sekelompok warga Korea Utara bahkan mengunjungi kantor pusat Google di Mountain View, California. (AP/Jean H. Lee)
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Hasil Penghitungan Suara Lewat Pos - Liputan Berita VOA 16 April 2014i
X
Yuni Salim
15.04.2014
Warga Indonesia yang tinggal di luar negeri bisa mencoblos lewat pos, dan penghitungannya pendapatan surat suaranya dilakukan secara terpisah dari penghitungan surat suara pemilih yang datang ke TPS. Penghitungan akhir suara daerah Washington DC dan kota lain di Amerika baru terlaksana.
Video

Video Hasil Penghitungan Suara Lewat Pos - Liputan Berita VOA 16 April 2014

Warga Indonesia yang tinggal di luar negeri bisa mencoblos lewat pos, dan penghitungannya pendapatan surat suaranya dilakukan secara terpisah dari penghitungan surat suara pemilih yang datang ke TPS. Penghitungan akhir suara daerah Washington DC dan kota lain di Amerika baru terlaksana.
Video

Video Bimbingan Belajar untuk Siswa Tidak Mampu di AS - Laporan VOA 16 April 2014

GIVE, organisasi nirlaba yang memberikan bimbingan belajar bagi siswa yang tidak mampu di Fairfax County. Sebagian besar pendiri dan relawan organisasi ini berasal dari Thomas Jefferson High School for Science and Technology, salah satu sekolah tinggi terbaik di AS. Selengkapnya simak Laporan VOA.
Galeri Foto

Galeri Foto Peringatan Setahun Insiden Maraton Boston

Setahun telah berlalu sejak dua bom meledak dekat garis finish pada acara tahunan Boston Marathon, menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 260 orang.
Video

Video Kilas VOA 16 April 2014

Militer Ukraina mulai bergerak melawan separatis di Ukraina Timur. AS memperingati setahun sejak peledakan bom di Marathon Boston. Warga berbagai negara saksikan 'gerhana bulan merah'. Untuk HUT Jackie Chan, seniman Malaysia membuat wajah Jackie Chan dari 64 ribu sumpit.
Video

Video Lomba 'Dangdut in America'

Audisi "Dangdut in America" baru saja berlangsung di empat kota di AS. Ini adalah kompetisi yang menjaring penyanyi AS yang berbakat ngedangdut, yang diseleksi oleh para juri, termasuk Sania dan Anik mantan anggota grup dangdut "Ken Dedes".
 Aktivitas di Facebook