Rabu, 16 April 2014 Waktu UTC: 19:02

Berita / Iptek / Teknologi

Pesawat Soyuz Rusia Meluncur ke Stasiun Antariksa Internasional

Pesawat antariksa Rusia, Soyuz, telah meluncur ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) bersama astronot Amerika, Kanada dan kosmonot Rusia.

Kosmonot Roman Romanenko, salah satu kru dalam peluncuran Soyuz memberikan salamnya sebelum peluncuran roket itu, Rabu (19/12).
Kosmonot Roman Romanenko, salah satu kru dalam peluncuran Soyuz memberikan salamnya sebelum peluncuran roket itu, Rabu (19/12).
UKURAN HURUF - +
Jessica Golloher
— Roket Suyuz TMA-07M buatan Rusia meluncur dari pusat peluncuran Baikonur di padang rumput Kazakhstan hari Rabu siang.
 
Berada di dalam pesawat itu adalah kosmonot Roman Romanenko, astronot Tom Mashburn dan Insinyur penerbangan Badan Antariksa Canada Chris Hadfield yang akan memimpin stasiun antariksa itu.Pesawat mereka dijadwalkan untuk merapat ke stasiun antariksa itu hari Jumat (21/12).

Perjalanan itu merupakan yang ke 150 kalinya bagi pesawat antariksa Soyuz ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).
 
Anatoly Rydakov, ketua gabungan untuk peluncuran Soyuz, melalui televisi pemerintah Rusia mengatakan meskipun suhu dibawah titik beku, kondisi-kondisi selama peluncuran diyatakan baik.
 
Rydakov mengatakan kompleks peluncuran itu bisa beroperasi pada suhu sampai 40 derajat Celsius sampai suhu serendah 40 derajat Celcius di bawah nol. Menurutnya suhu tersebut baik untuk peluncuran.
 
Para awak itu akan bergabung dengan tiga awak lain yang mengorbit di atas stasiun antariksa, termasuk astronot Amerika Kevin Ford dan kosmonot Rusia Oleg Novitsky dan Yevgeny Tarelkin, yang sudah mengelola pusat riset bernilai $100 miliar sejak bulan Oktober. Para awak baru itu selama lima bulan mendatang akan berada di stasiun antariksa itu untuk melakukan berbagai aktivitas di antariksa dan eksperimen di laboratorium yang mengorbit bumi itu.
 
Peluncuran sukses hari Rabu (19/12) merupakan nilai plus bagi program antariksa Rusia yang baru-baru ini mengalami sejumlah kesalahan teknis.
 
Tahun lalu, pesawat riset Phobos-Grunt bermaksud mengumpulkan tanah dari mars dan kembali ke bumi, diluncurkan dari pusat peluncuran Baikonur tapi gagal ke luar orbit. Dalam insiden lainnya, sebuah pesawat kargo yang dikirim ke stasiun antariksa untuk membawa perlengkapan gagal keluar orbit Bumi dan jatuh di Siberia.
 
Banyak analis menyebut kegagalan-kegagalan ini sebagian karena pengurangan anggaran antariksa Rusia.
 
Rusia adalah satu-satunya negara yang membawa awak stasiun antariksa pulang pergi sejak NASA memensiunkan pesawat ulang-aliknya yang sudah tua. Akibatnya Amerika harus mengeluarkan dana sebesar $60 juta untuk mengirim seorang astronot ke stasiun antariksa itu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Hasil Penghitungan Suara Lewat Posi
X
Yuni Salim
16.04.2014
Warga Indonesia yang tinggal di luar negeri bisa mencoblos lewat pos, dan penghitungannya pendapatan surat suaranya dilakukan secara terpisah dari penghitungan surat suara pemilih yang datang ke TPS. Penghitungan akhir suara daerah Washington DC dan kota lain di Amerika baru terlaksana.
Video

Video Hasil Penghitungan Suara Lewat Pos

Warga Indonesia yang tinggal di luar negeri bisa mencoblos lewat pos, dan penghitungannya pendapatan surat suaranya dilakukan secara terpisah dari penghitungan surat suara pemilih yang datang ke TPS. Penghitungan akhir suara daerah Washington DC dan kota lain di Amerika baru terlaksana.
Video

Video Bimbingan Belajar untuk Siswa Tidak Mampu di AS

GIVE, organisasi nirlaba yang memberikan bimbingan belajar bagi siswa yang tidak mampu di Fairfax County. Sebagian besar pendiri dan relawan organisasi ini berasal dari Thomas Jefferson High School for Science and Technology, salah satu sekolah tinggi terbaik di AS. Selengkapnya simak Laporan VOA.
Galeri Foto

Galeri Foto Peringatan Setahun Insiden Maraton Boston

Setahun telah berlalu sejak dua bom meledak dekat garis finish pada acara tahunan Boston Marathon, menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 260 orang.
Video

Video Kilas VOA 16 April 2014

Militer Ukraina mulai bergerak melawan separatis di Ukraina Timur. AS memperingati setahun sejak peledakan bom di Marathon Boston. Warga berbagai negara saksikan 'gerhana bulan merah'. Untuk HUT Jackie Chan, seniman Malaysia membuat wajah Jackie Chan dari 64 ribu sumpit.
Video

Video Lomba 'Dangdut in America'

Audisi "Dangdut in America" baru saja berlangsung di empat kota di AS. Ini adalah kompetisi yang menjaring penyanyi AS yang berbakat ngedangdut, yang diseleksi oleh para juri, termasuk Sania dan Anik mantan anggota grup dangdut "Ken Dedes".
 Aktivitas di Facebook