Tautan-tautan Akses

Perunding Israel dan Palestina Berpacu dengan Waktu di Kairo


Perunding Palestina Saeb Erekat berbicara dalam sebuah konferensi pers di Kairo, Senin (11/8).
Perunding Palestina Saeb Erekat berbicara dalam sebuah konferensi pers di Kairo, Senin (11/8).

Gencatan senjata 72 jam akan berakhir Rabu tengah malam. Bila kesepakatan tak tercapai pertempuran dapat kembali berkecamuk di Jalur Gaza.

Perunding Israel dan Palestina mengadakan pertemuan lagi Rabu (13/8) di Kairo dalam usaha terakhir mencari penyelesaian krisis mereka sebelum gencatan senjata 72 jam berakhir.

Penghentian pertempuran akan berakhir Rabu tengah malam, yang mengancam akan memperpanjang pertempuran yang telah menewaskan hampir 2.000 orang, yang sebagian besar kaum sipil Palestina, sejak Israel melancarkan operasi untuk menghentikan tembakan roket militan dari Gaza tanggal 8 Juli.

Kelompok militan Hamas, yang memerintah di Gaza, menuntut agar Israel mencabut blokade daerah miskin di tepi Laut Tengah itu. Israel menghendaki senjata Hamas dilucuti sepenuhnya.

Gencatan senjata tiga hari serupa yang ditengahi Mesir, berakhir pekan lalu tanpa persetujuan. Pertempuran antara kedua pihak berlanjut, di mana militan menembakkan roket dari Gaza dan pasukan Israel melancarkan serangan udara.

XS
SM
MD
LG