Tautan-tautan Akses

Pertumbuhan Ekonomi AS Lebih Cepat daripada Perkiraan Semula


Uang kertas pecahan US$100 (Foto: dok).
Uang kertas pecahan US$100 (Foto: dok).

Laporan Departemen Perdagangan Amerika mengatakan produk domestik bruto naik 3,9 persen dari laju tahunan, dua per sepuluh persen lebih cepat daripada taksiran sebelumnya.

Ekonomi Amerika bertumbuh lebih cepat daripada dugaan semula bulan April, Mei dan Juni.

Laporan Departemen Perdagangan Amerika mengatakan produk domestik bruto naik 3,9 persen dari laju tahunan, dua per sepuluh persen lebih cepat daripada taksiran sebelumnya. PDB juga bertumbuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan laju yang sangat lamban - enam per-sepuluh persen -dalam tiga bulan pertama tahun ini.

PDB mengukur semua barang dan jasa yang diproduksi dalam satu negara dan ukuran yang lebih luas kesehatan ekonomi. Para analis mengatakan pertumbuhan cepat kuartal kedua itu dibantu oleh belanja konsumen yang lebih kuat dan pembangunan. Beberapa pakar memperkirakan pertumbuhan ekonomi saat ini telah sedikit melambat.

Laju pertumbuhan merupakan bagian terpenting dari data yang dipertimbangkan para pemimpin bank sentral Amerika, ketika mereka memutuskan kapan dan berapa cepat menaikkan suku bunga. Suku bunga dipotong ke hampir nol pada waktu krisis keuangan dalam usaha untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, tetapi para pejabat mengatakan ekonomi yang pulih tidak lagi memerlukan perangsang demikian.

Gubernur Bank Sentral Amerika Janet Yellen mengatakan hari Kamis bahwa rekan-rekannya kemungkinan akan menaikkan suku bunga tahun ini. Komentar itu menyusul keputusan bank sentral baru-baru ini untuk menangguhkan kenaikan suku bunga yang sudah lama ditunggu-tunggu. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG