Kamis, 18 September 2014 Waktu UTC: 17:45

Berita / AS

Penuntut Minta Keringanan Hukuman untuk Pelaku Teror Mumbai

Seorang warga Amerika keturunan Pakistan yang mengaku bersalah atas perannya dalam serangan teror di Mumbai, India tahun 2008, akan dijatuhi hukuman hari Kamis (24/1) di sebuah pengadilan Chicago.

Gambar sketsa ruang pengadilan ini, menampilkan sosok David Coleman Headley saat menghadiri sidang di pengadilan federal di Chicago, 23 Mei 2011 (Foto: dok).
Gambar sketsa ruang pengadilan ini, menampilkan sosok David Coleman Headley saat menghadiri sidang di pengadilan federal di Chicago, 23 Mei 2011 (Foto: dok).
David Coleman Headley dapat dikenai hukuman penjara seumur hidup, namun para penuntut federal telah meminta hukuman yang ringan, yakni 30-25 tahun karena Headley memberi informasi yang mengarah pada pendakwaan tersangka-tersangka lain yang terlibat dengan kelompok teror Lashkar-e-Taiba.

Di Mumbai pada November 2008, sejumlah teroris Lashkar menduduki sebuah hotel, sebuah pusat Yahudi dan bangunan-bangunan lain selama tiga hari.  Serangan itu menewaskan 166 orang, termasuk enam warga Amerika.

Headley mengatakan ia mencari lokasi-lokasi lain untuk serangan-serangan lain yang mungkin dilakukan, dan mendapat pelatihan dari dinas intelijen Pakistan. Ia mengatakan ia melakukan pengawasan dengan video terhadap serangan yang gagal terhadap sebuah suratkabar di Kopenhagen, Denmark, yang mempublikasikan kartun-karun yang menggambarkan Nabi Muhammad.

Headley juga mengatakan ia menerima senjata dan latihan lain dari Lashkar-e-Taiba, yang katanya juga melakukan koordinasi dengan intelijen Pakistan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook