Selasa, 29 Juli 2014 Waktu UTC: 10:42

Berita / Dunia / Eropa

Pemilu Italia Berakhir Hari Ini

Warga Italia memberikan suara mereka pada hari Senin (25/2), hari kedua dan terakhir pemilu terpenting negara itu dalam beberapa tahun.

Seorang warga keluar dari bilik suara setelah mengikuti pemilihan umum di salah satu TPS di Milan, Italia (24/2).
Seorang warga keluar dari bilik suara setelah mengikuti pemilihan umum di salah satu TPS di Milan, Italia (24/2).
Para pemilih yang marah  atas kondisi ekonomi yang buruk dan berkepanjangan, dan atas seorang elit politik yang didiskreditkan, memberikan suara mereka dengan banyak diantara mereka menaruh harapan pada partai-partai anti kemapanan yang menjanjikan perubahan radikal.

Negara-negara sesama anggota Uni Eropa mengamati secara seksama pemilu dua hari di Italia itu, yang dapat membentuk masa depan ekonomi terbesar ketiga di blok ekonomi tersebut.

Pemungutan suara akan berakhir Senin Sore dan hasil jajak-jajak pendapat di pintu keluar TPS diperkirakan akan segera diperoleh setelah itu.

Jajak-jajak pendapat publik menunjukkan, Partai Demokrat yang berhaluan tengah-kiri  dan pemimpinnya, Pier Luigi Bersani, memimpin tipis, dan kemungkinan  gagal meraih mayoritas di lembaga legislatif yang diperlukan untuk menggolkan reformasi ekonomi tanpa perlu membentuk koalisi.

Dukungan kuat terhadap kandidat-kandidat populer yang makin menonjol, seperti bekas pelawak yang menjadi politisi Beppe Grillo dan Gerakan Lima Bintangnya, bisa membuat pemilu parlemen Italia berakhir tanpa pemenang yang jelas dan  menimbulkan kekisruhan politik.

Suara tentangan yang besar dapat juga menghambat reformasi yang sedang dijalankan perdana menteri yang berkuasa saat ini, Mario Monti, yang berdasarkan jajak-jajak pendapat jauh tertinggal dalam perolehan suara. Rapat-rapat akbar yang diadakan Grillo berhasil menarik puluhan ribu pendukung dalam beberapa pekan terakhir.

Menyusul di belakang Bersani adalah mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi.  Milyader itu berusaha  kembali ke kancah politik sementara menghadapi serangkaian tuduhan mulai dari penipuan hingga berhubungan intim dengan pekerja seks bahwa umur.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook