Kamis, 24 April 2014 Waktu UTC: 03:16

Berita / Dunia / Afrika

Pemerintah, Pemberontak Afrika Tengah Sepakat Bentuk Pemerintahan Bersatu

Para pemberontak dan pemerintah di Republik Afrika Tengah (C.A.R) telah sepakat untuk membentuk pemerintahan bersatu, sementara Presiden Francois Bozize tetap berkuasa.

Pemerintah Republik Afrika Tengah pimpinan Presiden Francois Bozize sepakat membentuk pemerintahan bersatu dalam perundingan dengan pemberontak (foto: dok).
Pemerintah Republik Afrika Tengah pimpinan Presiden Francois Bozize sepakat membentuk pemerintahan bersatu dalam perundingan dengan pemberontak (foto: dok).
UKURAN HURUF - +
Margaret Vogt, wakil PBB di C.A.R, membentangkan perjanjian itu hari Jumat (11/1) setelah kedua pihak mencapai kesepakatan mereka di ibukota Gabon, Libreville.

Dia mengatakan perjanjian itu menetapkan bahwa Bozize tetap menjabat sampai akhir masa jabatannya pada tahun 2016, sementara pihak oposisi menunjuk seorang perdana menteri yang akan membawahi pemerintahan transisi.

Dia mengatakan, baik perdana menteri tersebut maupun Presiden Bozize akan berhak mencalonkan diri dalam pemilihan presiden berikutnya.

Pihak pemberontak di C.A.R. telah merebut sepertiga wilayah negara itu sejak dimulainya pergolakan sebulan lalu. Pihak pemberontak menuduh presiden gagal menerapkan perjanjian damai sebelumnya pada tahun 2007 dan 2008.

Pihak pemberontak hari Kamis telah mengumumkan gencatan senjata selama seminggu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook