Tautan-tautan Akses

11 Tewas dalam Pengeboman di India


Ma’aikatan agaji a wurin da bom ya fashe a Kaduna, 23 ga Yuli 2014.
Ma’aikatan agaji a wurin da bom ya fashe a Kaduna, 23 ga Yuli 2014.

Sekurangnya 11 orang tewas dan 78 cedera dalam pemboman di kota Hyderabad, India selatan hari Kamis (21/2).

Polisi melaporkan bahwa sekurangnya dua ledakan terjadi hari Kamis selang beberapa menit di sebuah gedung bioskop dan dekat halte bus di daerah Dil Sukh yang ramai di kota itu. Pejabat mengatakan bom-bom itu dipasang di sepeda.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyebut ledakan-ledakan itu “tindakan pengecut” dan menambahkan “yang bersalah tidak akan bebas dari hukuman”. Ia juga menghimbau supaya rakyat tetap tenang setelah terjadi apa yang tampaknya serangan teroris itu.

Menteri Dalam Negeri India, Sushil Kumar Shinde memberitahu wartawan pihak berwenang tidak mempunyai informasi khusus, tapi mereka telah menerima informasi mengenai kemungkinan sebuah serangan. Shinde dikabarkan dalam perjalanan menuju lokasi ledakan itu.

Menteri negara bagian Andhra Pradesh yang ibukotanya Hyderabad mengatakan tim khusus sedang mencari mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu. Ia mengatakan “serangan itu adalah aksi pengecut yang menyerang orang tak bersalah dan merenggut jiwa orang yang tak berdosa”

Tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab.
Awal bulan ini, India menghukum gantung seorang lelaki Kashmir karena serangan mematikan di parlemen India tahun 2001. Eksekusi itu memicu bentrokan di Kashmir antara demonstran dan polisi dimana puluhan orang luka-luka.

Pihak berwenang memberlakukan siaga tinggi di Andhra Pradesh juga kota-kota besar di seluruh India.

Para pejabat telah mengumumkan memberikan kompensasi sebesar 12 ribu dolar bagi para keluarga korban.

Recommended

XS
SM
MD
LG