Rabu, 17 September 2014 Waktu UTC: 01:30

Berita / Dunia / Timur Tengah

Pembicaraan soal Krisis Suriah Berlangsung di Jenewa

Utusan Internasional Lakhdar Brahimi memulai pembicaraan di Jenewa, Swiss, pada hari Jumat dengan pejabat senior AS dan Rusia mengenai krisis Suriah.

Utusan internasional Lakhdar Brahimi bertemu dengan Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov dan Wakil Menlu AS William Burns di Jenewa hari Jumat, 11/1 (foto: dok).
Utusan internasional Lakhdar Brahimi bertemu dengan Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov dan Wakil Menlu AS William Burns di Jenewa hari Jumat, 11/1 (foto: dok).
Pembicaraan di Jenewa, Swiss berlangsung hanya beberapa jam setelah pemberontak Suriah dilaporkan berhasil merebut pangkalan udara utama militer negara itu.

Utusan khusus PBB Liga Arab bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov dan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika William Burns di markas besar PBB di Eropa. Tidak ada komentar apapun dari mereka ketika tiba untuk pembicaraan tertutup itu.

Sebelumnya Jumat, Syrian Observatory for Human Rights mengatakan pemberontak telah sepenuhnya menguasai pangkalan udara Taftanaz di Suriah utara setelah pertempuran beberapa hari. Laporan ini tidak dapat dikukuhkan secara independen karena Suriah tidak mengizinkan wartawan asing di dalam perbatasannya.

Organisasi HAM yang berbasis di Inggris itu telah memuat video online yang katanya menunjukkan tentara Suriah melarikan diri dari pangkalan udara itu, dengan asap mengepul dari daerah itu.

Kelompok itu mengatakan pangkalan tersebut diserang pesawat tempur pemerintah beberapa jam setelah diambil alih.

Jurubicara kelompok itu mengatakan pangkalan udara militer itu adalah yang terbesar yang pernah direbut pemberontak dalam 22 bulan sejak pemberontakan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad dimulai. Laporan itu mengatakan pemberontak menyita senjata dan peralatan militer lainnya di pangkalan itu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook