Minggu, 29 Mei 2016 Waktu: 20:24

    Berita / Dunia

    Bentrokan Sporadis Landa Mali, PBB Pertimbangkan Pasukan Perdamaian

    PBB sedang mempertimbangkan rencana untuk mengerahkan pasukan penjaga perdamaian ke Mali.

    Dubes Perancis untuk PBB, Gerard Araud dalam Sidang DK PBB (Foto: dok). PBB tengah mempertimbangkan rencana untuk mengerahkan pasukan penjaga perdamaian di Mali, Rabu (6/2).
    Dubes Perancis untuk PBB, Gerard Araud dalam Sidang DK PBB (Foto: dok). PBB tengah mempertimbangkan rencana untuk mengerahkan pasukan penjaga perdamaian di Mali, Rabu (6/2).
    Pasukan Mali yang didukung Perancis menghadapi kantong-kantong perlawanan di Mali utara, setelah mereka merebut kawasan itu bulan lalu.

    VOA siaran bahasa Perancis ke Afrika melaporkan satu kontingen tentara dari Perancis, Mali dan Niger hari Kamis memukul mundur sekelompok militan Islamis dari Djebock, yang terletak 45 kilometer sebelah timur laut Gao. Warga mengatakan mereka “diteror” oleh militan itu.

    Dalam perkembangan lain, empat tentara Mali tewas setelah kendaraan mereka mengenai ranjau darat. Ledakan itu terjadi Rabu di jalan raya antara Gao dan Douentza.

    Sementara Perancis mulai mengurangi intervensi mereka di Mali, PBB sedang mempertimbangkan rencana untuk menempatkan pasukan penjaga perdamaian di negara itu. Namun, para pejabat mengatakan langkah apapun harus menunggu hingga situasi keamanan disana stabil.

    Duta Besar Perancis untuk PBB Gerard Araud hari Rabu mengatakan tentara negaranya tidak akan tinggal di Mali. Ia menggambarkan potensi pasukan penjaga perdamaian yang sebagian besar terdiri dari tentara Afrika yang memang sudah ada di negara itu.

    Pasukan Perancis masuk ke Mali bulan lalu untuk memukul mundur militan Islamis terkait al-Qaida, yang tadinya menguasai bagian utara dan bergerak ke arah Bamako, ibukota Mali.

    Kepala penjaga perdamaian PBB Herve Ladsous hari Rabu mengatakan tentara dari AFISMA, Misi Dukungan Internasional untuk Mali yang dipimpin Afrika, kini mulai bergerak masuk ke yang disebutnya “daerah-daerah operasi” di bagian utara.

    Lihat Juga

    Media Iran: Warga Iran Tidak Dapat Naik Haji Tahun Ini

    Media pemerintah Iran mengatakan hari Minggu (29/5) bahwa warga Iran tidak akan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini karena Iran tidak dapat mencapai persetujuan dengan Arab Saudi. Selengkapnya

    Peringati Hari Pahlawan, Deretan Panjang Sepeda Motor Masuk ke Ibukota AS

    Deretan panjang sepeda motor-besar yang dinamakan Rolling Thunder memasuki ibukota Amerika hari ini (29/5). Selengkapnya

    Ketua Konservatif Moderat Parlemen Iran Terpilih Kembali

    Ketua parlemen yang konservatif moderat Iran terpilih kembali hari Minggu (29/5) walaupun kaum reformis telah mencapai kemajuan dalam pemilu yang diadakan bulan Februari lalu. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami