Selasa, 30 September 2014 Waktu UTC: 09:47

Berita / Gaya Hidup / Religi

Paus Fransiskus, Sosok Pemimpin yang Sederhana

Paus Fransiskus memulai hari pertamanya sebagai pemimpin 1,2 miliar umat Katolik dunia dengan berdoa dan mengadakan misa bersama para kardinal yang memilihnya.

Paus Fransiskus saat menggelar misa bersama para kardinalnya di Kapel Sistina di Vatikan (14/3).
Paus Fransiskus saat menggelar misa bersama para kardinalnya di Kapel Sistina di Vatikan (14/3).
Dalam pidatonya di Kapel Sistina hari Kamis (14/3), Paus Fransiskus mendesak para kardinal untuk tetap setia kepada Injil dan menghindarkan godaan moderen. Menurut Paus Fransiskus, apabila gereja kehilangan visi misinya, maka gereja akan menjadi tidak lebih dari lembaga swadaya masyarakat. Paus berbicara dengan sederhana dan singkat, tanpa catatan.

Paus sudah menetapkan nada kepausannya dengan mengenakan pakaian sederhana dan menghindarkan kepausan yang lebih mewah. Sebelumnya hari Kamis (14/3), Paus Fransiskus menggunakan mobil Vatikan yang sederhana menuju basilika yang khusus diabdikan bagi bunda Maria untuk berdoa. Ia kemudian singgah di sebuah hotel Vatikan untuk mengangkut barang-barangnya dan membayar sendiri biayanya.

Paus Fransiskus akan dilantik secara resmi sebagai pimpinan Gereja Katolik Roma hari Selasa (19/3) dalam upacara yang dihadiri para delegasi asing, termasuk delegasi Amerika yang dipimpin oleh Wakil Presiden Joe Biden, seorang anggota Gereja Katolik.

Sebelum pelantikan tersebut, Paus Fransiskus akan mengadakan audiensi tidak resmi dengan Dewan Kardinal, bertemu dengan para wartawan, dan tampil hari Minggu (17/3) di jendela apartemen Pausnya untuk mengucapkan doa Angelus kepada umatnya yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook