Sabtu, 01 Nopember 2014 Waktu UTC: 12:34

Berita / Dunia / Afrika

Pasukan Perancis Kuasai 3 Kota Penting di Mali Utara

Pasukan yang dipimpin Perancis dilaporkan menguasai tiga kota penting di Mali utara hari Rabu (30/1), setelah militan yang terkait al-Qaida melarikan diri dari basis terakhir mereka.

Pasukan Khusus Perancis melintasi kota Gao, utara Mali, 30 Januari 2013. (AP Photo/Jerome Delay). Pasukan Perancis dilaporkan telah menguasai tiga kota penting di Mali Utara.
Pasukan Khusus Perancis melintasi kota Gao, utara Mali, 30 Januari 2013. (AP Photo/Jerome Delay). Pasukan Perancis dilaporkan telah menguasai tiga kota penting di Mali Utara.
Pemberontak tidak memberi perlawanan ketika pasukan Perancis dan Mali tiba di bandara Kidal hari Rabu, hanya beberapa hari setelah merebut Gao dan Timbuktu. Militan terkait al-Qaida meninggalkan basis terakhir mereka dan melarikan diri ke daerah gurun pasir yang luas dengan senjata mereka.

Sejak kota-kota itu direbut kembali dengan cepat dan dengan mudah, Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius mengatakan pasukan negaranya akan meninggalkan Mali lebih cepat daripada perkiraan semula. Pasukan intervensi Afrika yang didukung PBB sedang bersiap-siap untuk menempatkan lebih dari delapan ribu tentara di kawasan itu.

Pasukan Afrika akan ditugaskan untuk mempertahankan kota-kota itu dan melacak laskar Islamis. Perancis mengatakan pemberontak berbaur ke dalam desa-desa di pegunungan Adrar des Ifoghas dan daerah-daerah gurun-pasir sekitarnya.

Departemen Luar Negeri Amerika menyambut baik keberhasilan pasukan yang dipimpin Perancis itu, dan mengatakan pasukan penggantinya akan ditugaskan untuk mempertahankan kota-kota yang baru dibebaskan itu. Jurubicara Victoria Nuland mengatakan pasukan Afrika menghadapi tugas mengejar kaum Islamis untuk memastikan mereka tidak dapat berkumpul kembali dan datang kembali.

Kaum ekstrimis itu bersenjata baik, dan mereka diketahui telah menggunakan tentara anak-anak. Para analis mengatakan mereka kemungkinan akan menggunakan kaum sipil sebagai tameng manusia untuk mempertahankan diri.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook