Kamis, 23 Oktober 2014 Waktu UTC: 00:37

Berita / Dunia

Para Pemimpin Dunia Sampaikan Pesan Tahun Baru

Paus Benediktus menyerukan perdamaian dunia dan mengecam ketidaksetaraan antara orang kaya dan orang miskin pada misa Tahun Baru yang dipimpinnya.

Paus Benediktus XVI bersiap untuk memberikan komuni dalam misa perayaan Tahun Baru di Gereja Basilika Santo Peter di Vatican, January 1, 2013. (AP Photo/Andrew Medichini)
Paus Benediktus XVI bersiap untuk memberikan komuni dalam misa perayaan Tahun Baru di Gereja Basilika Santo Peter di Vatican, January 1, 2013. (AP Photo/Andrew Medichini)
Paus mengatakan ia menentang apa yang disebut kapitalisme finansial yang tidak teregulasi dalam pesannya di Gereja Santo Petrus, Basilica, Selasa (1/1), sambil memperingati  hari perdamaian sedunia.

Para pemimpin dunia lain juga menyampaikan pesan tahun baru, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia mendesak rakyat Rusia untuk bekerjasama, bergerak maju dengan keyakinan, dan menghadapi tantangan pada tahun 2013.

Dalam pidato yang disiarkan secara tak terduga, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un  mengatakan, isu penting tahun ini adalah meredakan konfrontasi antara negaranya dan Korea Selatan. Ia juga berbicara mengenai usaha membangun ekonomi negaranya.

Presiden Burma Thein Sein menyerukan terciptanya rasa saling percaya yang lebih besar antara pemerintah dan rakyat. Ia mengatakan, dunia terkesima dengan kemajuan politik negaranya, menyusul transisi dari pemerintahan militer.

President Mwai Kibaki menandai tahun baru dengan menyerukan pemilu yang damai di Kenya, dimana ketegangan meningkat menjelang pemilu Maret 2013. Ia mengatakan, pemilu yang damai akan mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Kenya adalah penyokong demokrasi, kebebasan dan kemerdekaan.

Di Venezuela, warga berkumpul di gereja-gereja dan plaza-plaza untuk mendoakan Presiden Hugo Chavez yang sedang sakit, menyusul komplikasi baru setelah menjalani pembedahan bulan lalu. Chavez, yang sedang berjuang melawan kanker, dikabarkan menderita infeksi saluran pernafasan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook