Sabtu, 01 Nopember 2014 Waktu UTC: 02:37

Berita / Dunia / Afrika

Para Pemimpin Afrika Bahas Penyelesaian Konflik di Kongo

Para kepala negara Afrika Tengah berusaha untuk menyelesaikan krisis pemberontak di Republik Demokratik Kongo, tanpa bantuan Presiden Rwanda Paul Kagame.

Presiden Rwanda Paul Kagame (Foto: dok). Ketidakhadiran Kagame dalam KTT negara Afrika Tengah, Sabtu (24/11) untuk upaya penyelesaian konflik di Kongo mengundang banyak perhatian,  karena sebelumnya Rwanda telah dituduh mendukung pemberontak M23 di Kongo.
Presiden Rwanda Paul Kagame (Foto: dok). Ketidakhadiran Kagame dalam KTT negara Afrika Tengah, Sabtu (24/11) untuk upaya penyelesaian konflik di Kongo mengundang banyak perhatian, karena sebelumnya Rwanda telah dituduh mendukung pemberontak M23 di Kongo.
Presiden-presiden dari Uganda, Kenya, Tanzania dan Kongo bertemu di ibukota Uganda, Kampala. Tokoh kunci pertemuan itu, Presiden Rwanda Paul Kagame, batal hadir, dan mengutus menteri luar negerinya, Louise Mushikiwabo, untuk menghadiri pertemuan tersebut pada menit-menit terakhir.

Ketidakhadirannya pada KTT hari Sabtu di ibukota Uganda, Kampala, mendapat banyak perhatian karena Rwanda telah dituduh mendukung pemberontak, tuduhan yang disangkal negara itu.


KTT itu dilangsungkan di tengah kekhawatiran mengenai desakan pemberontak ke Kongo timur dan guncangan dalam militer Kongo.

 Pertemuan tersebut berupaya untuk mencari penyelesaian krisis pemberontak di Republik Demokratik Kongo, dan mengeluarkan pernyataan yang mengimbau pemberontak M23 agar menghentikan semua kegiatan perang dan mundur dari kota penting Goma, yang telah mereka kuasai awal pekan ini.

Pernyataan yang dikeluarkan dalam KTT tersebut juga meminta pemberontak agar menghentikan semua pembicaraan untuk menggulingkan pemerintah.

Presiden Republik Demokratik Kongo, Joseph Kabila, memberhentikan kepala angkatan darat setelah jendral itu dituduh menjual senjata kepada kelompok-kelompok bersenjata di timur. Pemecatan Mayor Jenderal Gabriel Amisi terjadi tiga hari setelah kelompok pemberontak M23 mengalahkan pasukan Kongo dan merebut kota Goma di timur.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook