Jumat, 31 Oktober 2014 Waktu UTC: 23:39

Berita / AS

Panitia Pelantikan Obama Cari Donasi Sampai $1 Juta

Batas donasi untuk acara-acara pelantikan Barack Obama naik menjadi US$1 juta, atau paling tinggi dalam sejarah pelantikan presiden AS.

Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berdansa pada salah satu pesta perayaan pelantikan presiden pada 2009. (Foto: Dok)
Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berdansa pada salah satu pesta perayaan pelantikan presiden pada 2009. (Foto: Dok)
Panitia pelantikan kedua kali Presiden Barack Obama mengumpulkan donasi sampai US$1 juta untuk membantu penyelenggaraan dengan balasan akses khusus untuk para donatur.

Perubahan tersebut bertentangan dengan janji Obama untuk menjauhkan donatur dan kepentingan khusus dari kepresidenannya. Ia telah mengabaikan kebijakan pada pelantikan pertama untuk menerima donasi sampai $50.000 dari para individu, dengan mengumumkan bulan lalu bahwa ia akan menerima sumbangan tak terbatas dari individu dan perusahaan.

Panitia pelantikan kali ini telah jauh melampaui batas yang ditekankan Obama sebelumnya dan sepertinya ingin melewati rekor penggalangan dana untuk pelantikan presiden era modern Amerika dengan menawarkan empat paket VIP yang dinamai bapak-bapak pendiri bangsa.

Para pembuat acara berharap paket-paket tersebut dapat menutup biaya mahal untuk acara-acara yang mengiringi pelantikan Obama pada 21 Januari. Obama mendapatkan $53 juta uang dari pihak pribadi untuk pelantikan pertamanya, dengan rekor 1,8 juta orang memadati National Mall untuk melihat presiden kulit hitam pertama mengambil sumpah jabatan. Perayaan tersebut diperkecil skalanya tahun ini, dengan jumlah penonton diharapkan turun sampai setengah dan pesta perayaan dikurangi dari 10 menjadi dua.

Namun ada tekanan tinggi untuk membayar keriaan-keriaan setelah para donor sudah menyumbang kompetisi politik termahal dalam sejarah AS, sebuah kampanye berbiaya melebihi $2 miliar.

Sejauh ini, para eksekutif bidang kesehatan dan donor utama Partai Demokrat, yang melakukan rapat-rapat tertutup dengan Obama dan staf seniornya, termasuk mereka yang membayar pesta pelantikan.

Pergeseran tersebut menggarisbawahi perubahan sikap Obama atas bagaimana bisnis dijalankan di Washington. Pada kampanye pertamanya, ia mengkritik keistimewaan yang didapatkan dengan membayar akses, dan setelah menjabat berjanji untuk memiliki pemerintahan yang paling transparan dalam sejarah.

Obama juga dulu menghalau para pelobi namun kemudian memberi mereka akses untuk bekerja pada pemerintahannya. Ia dulu menentang komite-komite aksi politik super, yang dapat menghabiskan sebanyak apapun uang yang dapat mereka dapat untuk membantu kandidat, namun kemudian merengkuh mereka setelah berhadapan dengan para penantang dari Partai Republik yang memiliki tumpukan uang.

Donasi pelantikan biasanya menawarkan paket yang termasuk tiket ke pesta perayaan dan acara lainnya.

Donor pada tingkat Washington ditawarkan “akses mitra premium” untuk donasi minimum $250,000 dari para individu, dan $1 juta dari perusahaan. Paket termasuk empat tiket ke pesta pelantikan, tempat duduk parade, resepsi, konser anak-anak dan pertemuan dengan anggota tim keuangan presiden. Panitia pelantikan juga menawarkan tiket-tiket seharga $60 untuk masyarakat umum, yang sudah habis terjual Minggu malam.

Donasi $1 juta ini merupakan tertinggi dalam sejarah pelantikan presiden Amerika, menurut para analis. (AP/Jack Gillum, Nedra Pickler dan Stephen Braun)
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: wiwik tjatur dari: semarang
09.01.2013 11:32
Tjatur approve Mr. Barack Obama (now President of the United States still) back office inaugurated President of the second President

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook