Selasa, 21 Oktober 2014 Waktu UTC: 05:20

Berita / Dunia / Timur Tengah

Menhan AS: AS Bisa Tegakkan Zona Larangan Terbang di Suriah

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan sebuah “keputusan besar” diperlukan untuk mengesahkan adanya zona larangan terbang di Suriah.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta yakin Amerika mampu menegakkan zona larangan terbang di Suriah (foto: dok).
Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta yakin Amerika mampu menegakkan zona larangan terbang di Suriah (foto: dok).
Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan ia yakin Amerika Serikat dapat menegakkan zona larangan terbang di angkasa Suriah, tetapi “keputusan besar” yang dibutuhkan untuk mengesahkan misi demikian belum diambil.

Panetta mengatakan kepada Associated Press, Amerika Serikat telah merencanakan sejumlah kemungkinan langkah di Suriah. Ia mengatakan zona larangan terbang sulit dilaksanakan, dan bukan prioritas utama.

Sementara itu, para menteri luar negeri Organisasi Kerjasama Islam, OKI, mengadakan pertemuan puncak di Mekah hari Selasa, setelah setuju merekomendasi agar Suriah diskors dari organisasi itu.

Tindakan oleh OKI yang beranggotakan 57 negara itu dapat menimbulkan sengketa diplomatik dalam pertemuan puncak antara sekutu Suriah, Iran, dan Arab Saudi yang pro-oposisi.

Juga hari Selasa, pimpinan kemanusiaan PBB memulai kunjungan 3-hari di Suriah dan Lebanon untuk membicarakan cara meningkatkan usaha pertolongan segera bagi kaum sipil yang terkurung di tengah pertempuran.

Di Tiongkok, menteri luar negeri negara itu akan mengadakan pembicaraan dengan seorang utusan khusus untuk Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Tiongkok mengatakan pihaknya juga sedang mempertimbangkan untuk mengundang para anggota oposisi untuk berkunjung.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook