Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 22:51

Berita / Dunia / Timur Tengah

Oposisi Suriah Mundur Dari Pembicaraan Internasional

Pihak oposisi Suriah menolak mengikuti pembicaraan internasional mengenai negaranya sebagai protes atas pembiaran kekerasan yang telah berlangsung dua tahun.

Kekerasan terus berlangsung di Suriah, yang oleh pihak oposisi disebabkan juga karena "kebisuan internasional." (Foto: Lens Young Homsi)
Kekerasan terus berlangsung di Suriah, yang oleh pihak oposisi disebabkan juga karena "kebisuan internasional." (Foto: Lens Young Homsi)
Kelompok utama oposisi Suriah, Koalisi Nasional Suriah (SNC), mundur dari pertemuan internasional untuk memprotes apa yang disebutnya sikap dunia yang "memalukan" karena tidak mau bertindak menanggapi kejahatan yang dilakukan terhadap rakyat Suriah.

SNC memutuskan tidak menghadiri pertemuan Friends of Syria di Roma pekan depan dan juga akan menolak undangan pembicaraan di Moskow dan Washington.

Dalam suatu pernyataan, koalisi itu mengkritik apa yang disebutnya "kebisuan internasional" terhadap kejahatan yang berlangsung setiap hari di Suriah, dan mengatakan kebisuan itu "sama saja dengan ikut dalam pembunuhan yang sudah berlangsung hampir dua tahun."

Pernyataan itu secara khusus mengecam Rusia karena memasok senjata kepada pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kelompok oposisi Suriah itu kesal dengan penggunaan rudal Scud buatan Rusia terhadap daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, kota terbesar di Suriah.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setidaknya sudah 70 ribu orang tewas dalam konflik antara pemberontak dan pemerintah Suriah yang sudah berlangsung hampir dua tahun.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook