Jumat, 18 April 2014 Waktu UTC: 21:13

Berita / Olahraga

OIC Berencana Hapuskan Gulat pada Olimpiade 2020

Komite Olimpiade Internasional (OIC) berencana menghapuskan cabang olahraga gulat dari kompetisi olahraga empat tahunan itu.

Atlet gulat Azerbaijan Yuliya Ratkevich melawan Valeriia Zholobova dari Rusia dalam pertandingan gulat perempuan Olimpiade 2012. (Reuters/Suhaib Salem)
Atlet gulat Azerbaijan Yuliya Ratkevich melawan Valeriia Zholobova dari Rusia dalam pertandingan gulat perempuan Olimpiade 2012. (Reuters/Suhaib Salem)
UKURAN HURUF - +
— Cabang olahraga gulat mendapat kejutan setelah Komite Olimipiade Internasional (IOC) mengumumkan rekomendasinya pada Selasa (12/2) untuk menghapuskan gulat dari Olimpiade 2020.

Pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern pada 1896 dan menjadi bagian dari pertandingan kuno di Olympia, gulat sekarang bergabung dengan tujuh cabang olahraga lain yang berjuang untuk mendapat tempat dalam program Olimpiade yang sedang diperbaiki.

Namun sepertinya keputusan ini tidak akan ditangguhkan ketika sesi IOC di Buenos Aires melakukan pemungutan suara mengenai rekomendasi tersebut pada September nanti, karena hal ini akan menihilkan tujuan dari pemungutan suara pada Selasa.
“Ini bukan akhir dari proses, murni merupakan rekomendasi,” ujar juru bicara IOC Mark Adams pada wartawan.

“Keputusan itu merupakan upaya untuk melihat cabang-cabang olahraga utama, apa yang terbaik untuk kompetisi Olimpiade. Ini adalah program terbaik untuk Olimpiade 2020. Bukan mengenai apa yang salah dengan gulat, tapi apa yang terbaik untuk Olimpiade,” ujarnya.

Hasil pemungutan suara itu merupakan kejutan besar karena cabang olahraga lain, termasuk pentaton dan taekwondo, dianggap lebih berisiko dihilangkan dari Olimpiade karena kurangnya daya tarik global untuk mereka.

“FILA sangat terkejut dengan rekomendasi Dewan Eksekutif IOC untuk tidak mempertahankan gulat di antara 25 cabang olahraga utama untuk kompetisi Olimpiade 2020,” ujar federasi gulat internasional dalam pernyataan tertulis, menambahkan bahwa federasi itu memiliki perwakilan di 180 negara dan gulat merupakan olahraga nasional di sejumlah negara tersebut.

“FILA akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk meyakinkan IOC bahwa keputusan ini adalah penyimpangan atas salah satu cabang olahraga pertama dalam permainan Olimpiade kuno dan modern,” ujar federasi tersebut.

Dewan eksekutif yang beranggotakan 15 orang memerlukan empat putaran pemungutan suara untuk memutuskan apakah gulat, bersama pentaton, hoki, perahu kano dan taekwondo, akan dihapus dari permainan Olimpiade atau tidak. (Reuters/Karolos Grohmann)

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook