Selasa, 21 Oktober 2014 Waktu UTC: 19:52

Berita / Gaya Hidup / Kesehatan

Obat bagi Kuda Dikhawatirkan Masuki Toko Pangan Eropa

Pejabat Inggris mengatakan hasil tes menemukan dosis kecil obat pemati rasa sakit untuk kuda yang sangat ampuh mungkin telah dijual kepada konsumen di Perancis.

Perusahaan makanan ABP di Inggris utara membuang stok buger sapi mereka setelah munculnya laporan daging sapi yang dicampur daging kuda (foto: dok).
Perusahaan makanan ABP di Inggris utara membuang stok buger sapi mereka setelah munculnya laporan daging sapi yang dicampur daging kuda (foto: dok).
Krisis di Eropa mengenai sejumlah produk pangan yang terkontaminasi  daging kuda hari Kamis memburuk setelah pejabat-pejabat Inggris mengatakan hasil tes menemukan dosis kecil obat pemati rasa sakit untuk kuda yang sangat ampuh mungkin telah dijual kepada konsumen di Perancis.

Badan Pengawas Pangan Inggris mengatakan delapan di antara 206 kuda yang dites terbukti positif mengandung zat bute. Badan itu mengatakan enam diantara ke-delapan kuda itu –semuanya diproses sebuah rumah potong di Inggris barat daya – dikirim ke Perancis dan “mungkin telah memasuki rantai toko pangan.”

Badan itu mengatakan pihaknya sedang bekerjasama dengan pihak berwenang Perancis untuk melacak daging itu.

Kepala medis Inggris hari Kamis mengatakan kecilnya dosis zat yang ditemukan di daging kuda itu “beresiko sangat rendah bagi kesehatan manusia.” Ia mengatakan bute adalah obat yang umum digunakan untuk kuda dan juga sering dijadikan resep bagi pasien penderita arthritis berat, dan akibat efek samping yang serius jarang terjadi.

Di Paris, para pejabat senior pemerintah Perancis mengatakan sebuah penyelidikan telah mengungkapkan Spanghero, perusahaan pemroses daging Perancis, tahu sepenuhnya mereka menjual daging kuda itu sebagai daging sapi.

Menteri Pertanian Stephane Le Foll mengatakan pemerintah mungkin akan mencabut ijin operasi perusahaan itu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook